HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

PM Irak Dilempari Batu Saat Kunjungi Lokasi Ledakan Bom ISIS

PM Irak Haider al-Abadi dikawal petugas keamanan (stratfor.com)
28

HARIANACEH.co.id — Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi disambut massa yang marah saat mengunjungi lokasi ledakan bom mobil di distrik Karrada, Baghdad, Minggu (3/7/2016) pagi waktu setempat.

Sebuah video yang beredar di dunia maya memperlihatkan rombongan PM Irak dilempari batu oleh massa di Karrada.

Ledakan dahsyat di distrik yang didominasi Muslim Syiah itu menewaskan 125 orang dan melukai sekitar 150 lainnya. Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Menurut laporan Ahmed Maher dari BBC di Baghdad, warga Irak juga melampiaskan kemarahan di dunia maya. Mereka menilai pemerintah Irak tidak becus dalam menghadapi ancaman grup ekstremis seperti ISIS.

Sejumlah peretas atau
hacker membobol situs Kementerian Dalam Negeri Irak dan memasang foto jasad seorang anak kecil. Hacker juga memasang foto alat pendeteksi bom, yang diklaim tidak berguna dalam membendung serangan ISIS.

Bom mobil ISIS mengguncang distrik Karrada, Baghdad
Bom mobil ISIS mengguncang distrik Karrada, Baghdad, (AFP)

ISIS masih menguasai banyak daerah di wilayah utara dan barat Irak, termasuk Mosul, kota kedua terbesar di negara tersebut. Namun belakangan ISIS mulai terdesak oleh serangan pemerintah yang didukung koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS). Kekalahan terbaru ISIS terjadi di kota Fallujah.

Melalui serangan di Karrada, ISIS seolah ingin menyampaikan pesan bahwa walau mereka kalah di medan perang, mereka masih bisa menimbulkan banyak korban jiwa, terutama dari kalangan warga sipil.

Menurut laporan Associated Press, banyak dari korban tewas di Karrada adalah anak-anak. Warga Baghdad berkumpul di lokasi kejadian pada pagi hari untuk mencari kabar mengenai sanak famili masing-masing.

Dahsyatnya ledakan memicu kebakaran besar di jalan utama Karrada. Beberapa bangunan, termasuk gedung populer al-Hadi Centre, rusak parah terkena bom.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat