HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jelang Idul Fitri 1437 H, Dunia Berduka

4

HARIANACEH.co.id — Hari Raya Idul Fitri yang menandai akhir bulan suci Ramadan tinggal menghitung jam. Namun, menjelang hari raya, beberapa negara dilanda serangan bom yang menewaskan banyak orang.

Seperti dilansir New Arab, Selasa (5/7/2016), seluruh umat Muslim di dunia sedang mempersiapkan diri untuk perayaan Idul Fitri dan sekaligus dipaksa untuk berkabung karena serangan bom di beberapa negara.

Lima orang tewas akibat serangan bom yang baru saja terjadi di salah satu situs suci umat Islam, Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Setiap tahunnya, jutaan jamaah mengunjungi masjid yang terdapat makam Nabi Muhammad SAW tersebut.

Tiga bom meledak dalam satu hari di Arab Saudi. Selain di dekat Masjid Nabawi, sebelumnya bom juga meledak di Qatif, kota bagian timur Arab Saudi. Kota Qatif merupakan tempat bagi banyak minoritas Muslim Syiah. Belum ada informasi resmi terkait korban jiwa akibat ledakan di Qatif.

Bom juga meledak di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat di Jeddah. Media Sabq News menegaskan bahwa pelaku serangan tewas dalam kejadian ini. Sementara dua orang penjaga terluka akibat imbas dari ledakan.

Pada Minggu 3 Juli, rakyat Irak berkabung setelah ledakan menghantam kota Baghdad Minggu 3 Juli. Ledakan yang berasal dari bom mobil kelompok militan Islamic State (ISIS) itu menyebabkan lebih dari 120 orang tewas.

Ledakan bom di distrik Karrada, Baghdad, Irak, 3 Juli 2016
Ledakan bom di distrik Karrada, Baghdad, Irak, 3 Juli 2016. (Reuters)

Selain menewaskan lebih dari 120 orang, ledakan ini juga melukai lebih dari 170 lainnya.

Bom kedua yang juga menghantam wilayah timur Baghdad juga terjadi di hari yang sama. Lima orang tewas dan 16 lainnya terluka.

Tiga bom juga meledak di Turki, tepatnya di Bandara Internasional Ataturk di Istanbul yang menewaskan 44 orang dan melukai lebih dari 140 orang lainnya.

Otoritas Turki menuduh ISIS yang melakukan serangkaian bom tersebut, namun hingga kini belum ada pernyataan langsung dari kelompok itu.

loading...