HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jelang Idul Fitri, 3 Kota di Arab Saudi Diserang Bom

10

HARIANACEH.co.id — Pelaku bom bunuh diri menyerang tiga lokasi di Arab Saudi di hari-hari terakhir bulan Ramadan. Tiga lokasi yang mendapat serangan bom yakni Jeddah, Qatif, dan Madinah.

Seperti dilansir Reuters, Selasa 5 Juli, serangan bom bunuh diri disebut sangat terkoordinasi. Mereka mengambil waktu saat umat muslim tengah berbuka puasa.

Serangan di Jeddah menargetkan kantor konsulat Amerika Serikat. Sementara di Qatif, serangan disebut menyasar pada jemaah muslim Syiah. Bom bunuh terakhir yang dilakukan di markas keamanan dekat Masjid Nabawi, Madinah.

Media Sabq News menyatakan, seorang pelaku serangan tewas dalam kejadian di dekat kantor konsulat Amerika Serikat. Sementara, dua orang penjaga mengalami luka akibat ledakan.

Seorang pejabat keamanan Saudi mengatakan, penyerang memarkir mobil di dekat konsulat AS di Jeddah sebelum meledakkan perangkatnya. Tetapi, tidak ada satu pun diplomat atau staf dari Konsulat AS yang menjadi korban. Sebab, saat kejadian, seluruh pekerja konsulat sudah pindah kantor ke gedung lain.

Terkait serangan bom di Qatif, belum ada laporan korban jiwa. Kota bagian timur Arab Saudi itu merupakan lokasi bagi banyak minoritas muslim Syiah. Serangan bom menghantam sebuah masjid kaum muslim Syiah di sana.

Sementara, tiga orang dilaporkan tewas akibat serangan bom bunuh diri di dekat Masjid Nabawi Madinah. Televisi milik Arab Saudi, al-Arabiya melaporkan satu orang yang tewas merupakan pelaku bom bunuh diri, sedangkan dua lainnya merupakan petugas keamanan masjid tempat makam Nabi Muhammad itu.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan asap hitam mengepul di dekat Masjid Nabawi. Sebuah video yang didapat Reuters dari seorang saksi memperlihatkan api berkobar besar di parkiran mobil Masjid Nabawi.

Terdengar pula suara sirine ambulans yang cukup nyaring tengah mengangkut para penumpang. Sebuah gambar juga memperlihatkan seorang pria yang nampak mengalami luka bakar coba di evakuasi dan dilarikan ke rumah sakit.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time