HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Rutinitas Ibadah di Madinah Berjalan Normal Pasca Ledakan

9

HARIANACEH.co.id — Ledakan yang melanda di dekat kompleks Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi mengejutkan banyak pihak. Tetapi kegiatan ibadah di Madinah masih berjalan dengan normal.

“Ledakan bom bunuh diri terjadi sekitar 200-500 meter di luar Masjid Nabawi, Madinah. Relatif cukup dekat dengan kompleks meskipun terjadi di luar area Masjid Nabawi,” ujar Wakil Duta Besar RI untuk Arab Saudi Sunarko seperti dilansir MTVN, Selasa (5/7/2016).

“Ibadah berjalan seperti biasa, namun pengamanan diperketat,” imbuh Sunarko.

Hal serupa dinyatakan oleh Pelaksana Tugas Konsul Jenderal RI di Jeddah Dicky Yunus. Menurutnya ibadah masih berjalan normal, meskipun ada tentara di mana-mana termasuk di jalan.

Pasukan keamanan Arab Saudi di lokasi ledakan
Pasukan keamanan Arab Saudi di lokasi ledakan (AFP)

Dicky menambahkan, pihak KBRI di Riyadh dan KJRI di Jeddah sudah mengeluarkan imbauan untuk warga negara Indonesia (WNI) yang tengah beribadah di Arab Saudi. “Imbauan sudah disebar melalui Twitter, Facebook dan SMS ke satgas,” pungkas Dicky.

Ledakan di dekat Masjid Nabawi
Ledakan di dekat Masjid Nabawi (Reuters)

Aparat keamanan saudi masih melakukan investigasi kasus. Namun disebutkan media setempat bahwa bom bunuh diri karena adanya perbedaan aliran syiah

Wadubes Sunarko pun menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada pihak yang bertanggungjawab atas rangkaian ledakan yang terjadi. Hingga saat ini tidak diperoleh laporan adanya korban WNI akibat ledakan yang terjadi.

Asap hitam tampak akibat ledakan
Asap hitam tampak akibat ledakan (Reuters)

Bom yang terjadi di Madinah mengikuti rangkaian ledakan yang terjadi sebelumnya. Pada Senin, 4 Juli 2016 telah terjadi tiga serangan bom bunuh diri di tiga kota berbeda di Arab Saudi, pertama di Jeddah pada pukul 03.40 sore waktu setempat, Al Qotif pada pukul 19.05 dan Madinah Al Munawarah pada pukul 20.10.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time