HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Raja Salman Janji Balas Serangan di Madinah

7

HARIANACEH.co.id — Raja Salman dari Arab Saudi berjanji akan melakukan tindakan sebagai tanggapan atas serangkaian serangan bom bunuh diri di Arab Saudi pada pekan ini.

Seperti dilansir BBC, Rabu (6/7/2016), Raja Salman mengatakan negaranya akan melancarkan serangan dengan “tangan besi” terhadap mereka yang mempengaruhi pemikiran anak-anak muda.

Raja menyampaikan pesan itu sehari setelah 5 orang tewas dalam serangan di dekat Masjid Nabawi di Medinah pada Senin 4 Juli, salah satu tempat suci bagi umat Islam.

Banyak kalangan di Arab Saudi menyayangkan aksi tersebut apalagi di bulan suci Ramadan dan di dekat salah satu tempat paling suci bagi umat Islam.

Badan keagamaan tertinggi Arab Saudi, Dewan Ulama, mengutuk tiga serangan bunuh diri yang terjadi dalam satu hari, termasuk serangan di dekat Masjid Nabawi. Dewan Ulama menyatakan para pelaku telah “melanggar semua hal yang dipandang suci”.

Selain serangan di dekat Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi juga diguncang dua serangan bom di Qatif dan Jeddah pada hari yang sama.

Sejauh ini tidak satu kelompok pun mengaku berada di belakang serangkaian serangan, tetapi muncul kecurigaan pelakunya adalah kelompk teroris Islamic State (ISIS).

Tiga bom meledak dalam satu hari di Arab Saudi. Selain di dekat Masjid Nabawi, sebelumnya bom juga meledak di Qatif, kota bagian timur Arab Saudi. Kota Qatif merupakan tempat bagi banyak minoritas Muslim Syiah. Belum ada informasi resmi terkait korban jiwa akibat ledakan di Qatif.

Bom juga meledak di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat di Jeddah. Media Sabq News menegaskan bahwa pelaku serangan tewas dalam kejadian ini. Sementara dua orang penjaga terluka akibat imbas dari ledakan.

loading...