HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

13 Juli NATO dan Rusia Adakan Pertemuan Resmi

9

HARIANACEH.co.id — Utusan khusus NATO akan mengadakan pertemuan resmi lebih lanjut dengan Rusia pada 13 Juli mendatang, setelah pertemuan di Warsawa bersama dengan Amerika Serikat (AS).

“Fokus utama akan ada pada keamanan militer yang akan diambil pada pertemuan puncak NATO di Warsawa pada 7 dan 8 Juli,” ujar Duta Besar Rusia, Alexander Grushko, seperti dilansir Reuters, Kamis (7/7/2016).

“Kami berharap ada dialog yang jujur dan serius pada isu-isu yang berkaitan dengan peningkatan kegiatan NATO dekat perbatasan Rusia dan dampaknya terhadap keamanan dan stabilitas kawasan dan Eropa,” lanjutnya.

Di samping itu, Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg juga mengatakan bahwa diskusi tersebut akan fokus pada krisis di dalam dan sekitar Ukraina.

“Kebutuhan akan sepenuhnya melaksanakan Perjanjian Minsk,” lanjut Stoltenberg.

Dirinya mengacu pada kesepakatan damai yang ditandatangani di Belarus pada tahun lalu yang bertujuan untuk mengakhiri konglik yang melibatkan separatis pro-Rusia di timur Ukraina.

“Kami juga akan melihat kegiatan militer dengan fokus khusus pada transparasi dan pengurangan risiko, serta situasi keamanan di Afghanistan,” ucapnya.

Presiden AS, Barack Obama juga menekankan bahwa akan mempertahanan pasukan AS hingga 8.400 pasukan sampai tahun 2017.

Hal tersebut dilakukan karena melihat ketegangan di Afghanistan meningkat dengan adanya ancaman dari kelompok militan Taliban dan ISIS.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time