HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Hingga 2017, 8400 Pasukan AS Tetap di Afganistan

4

HARIANACEH.co.idPresiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama menyebut situasi keamanan di Afghanistan cukup genting.

Ia menyatakan akan menjaga jumlah pasukan AS di Afghanistan hingga 8.400 pasukan sampai 2017 mendatang.

“Situasi di Afghanistan masih genting. Taliban tetap ancaman. Mereka telah mendapatkan tanah di beberapa tempat,” ujar Obama pada pidatonya, seperti dilansir Reuters, Kamis (7/7/2016).

Sebelumnya, Pemerintah AS merencanakan untuk adanya pengurangan pasukan AS di Afghanistan pada akhir tahun ini. Namun, dengan melihat keadaan Afghanistan sekarang, rencana itu pun urung dilakukan.

Militan Taliban kini memegang lebih banyak wilayah di Afghanistan daripada sejak invasi AS pada 2001. Hal ini dipaparkan oleh PBB yang juga merujuk pada kelompok militan Islamic State (ISIS) yang juga punya kehadiran di Afghanistan.

Keputusan Obama datang setelah review yang diajukan bulan lalu oleh Komandan AS di Afghanistan, Jenderal John Nicholson. Beberapa pejabat Pentagon pun mengatakan bahwa rencana tersebut untuk mengatasi situasi yang memburuk di Afghanistan.

Sementara itu, pejabat pertahanan AS mengatakan seharusnya pemerintah berpikir untuk mengganti jumlah pasukan untuk strategi yang lebih komprehensif.

“Gedung Putih tampaknya ‘tidak cukup’ untuk menangani masalah keamanan ini,” katanya.

Pidato Obama tersebut dikeluarkan menjelang puncak konferensi NATO pada Jumat 8 Juli dan Sabtu 9 Juli mendatang di Warsawa, Polandia.

Konferensi ini diharapkan anggota aliansi mengonfirmasi dukungan mereka bagi Pemerintah Afghanistan.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time