HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Korut Klaim Telah Lakukan Uji Coba Rudal Balistik Kapal Selam

6

HARIANACEH.co.id — Korea Utara (Korut) mengklaim telah melakukan uji coba rudal balistik kapal selam pada Sabtu 9 Juli.

Seperti dilansir BBC, Sabtu (9/7/2016), menurut laporan militer Korea Selatan (Korsel), rudal tersebut diluncurkan dari perairan kawasan timur Semenanjung Korea, di lepas pantai Pelabuhan Sinpo, pada pukul 11.30 waktu setempat.

Militer Korsel tidak menyebutkan secara rinci rudal balistik jenis apa yang diluncurkan dan apakah uji coba itu berlangsung lancar.

Pada Mei 2015 lalu, Korut mengklaim telah sukses menguji peluncuran rudal dari kapal selam yang berada di bawah laut.

Saat itu, pemimpin Korut, Kim Jong-un menyatakan negaranya kini memiliki ”senjata strategis kelas dunia yang mampu menyerang dan menyapu kekuatan musuh yang melanggar kedaulatan dan martabat Korut di perairan.”

Pemimpin Korut, Kim Jong-un
Pemimpin Korut, Kim Jong-un, (BBC)

Laporan uji coba peluncuran rudal dari kapal selam mengemuka sehari setelah Amerika Serikat (AS) dan Korsel sepakat meluncurkan sistem pertahanan rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) untuk mengantisipasi ancaman yang semakin besar dari Korut.

Sistem THAAD akan mampu mendeteksi dan menembak jatuh misil Korut, namun masih belum jelas dimana rudal ini akan ditempatkan dan siapa yang akan memiliki kendali akhir.

Tiongkok berkata ini akan merusak kepentingan keamanan negara-negara di wilayah tersebut.

Selama dua bulan terakhir Korut telah menggelar uji coba enam rudal jarak menengah bernama Musudan, yang semuanya berakhir dengan kegagalan.

Ada rudal yang meledak di udara dan ada pula yang jatuh terpuruk.

loading...