HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Nigeria, 9 Orang Tewas Pasca Bom Bunuh Diri

11

HARIANACEH.co.id — Bom bunuh diri kembali mengguncang dunia. Kali ini bom meledak di Damboa, ibukota negara bagian Borno, Nigeria.

Ledakan bom bunuh diri ini menewaskan sedikitnya sembilan orang. Ledakan bom juga melukai sekitar 12 orang lainnya. Bom bunuh diri ini terjadi pada Jumat 8 Juli setelah salat subuh di sebuah masjid di Damboa, timur laut Nigeria.

“Pengebom bunuh diri pertama menargetkan masjid Damboa pusat, namun karena langkah keamanan yang ketat dia tak bisa masuk. Karena frustasi, dia meledakan diri dan meninggal di dekat masjid,” kata juru bicara Angkatan Darat Nigeria Kolonel Sani Usman, seperti dilansir Reuters, Sabtu (9/7/2016).

“Pengebom kedua berbelok dan menemukan jalan masuk ke masjid yang lebih kecil. Dia kemudian meledakkan bom, menewaskan dirinya dan enam jamaah lainnya serta melukai satu orang,” lanjutnya lagi.

Sampai saat ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan di Damboa. Hanya saja yang diduga bertanggung jawab adalah kelompok militan Boko Haram.

Ini bukanlah serangan yang pertama kalinya terjadi. Tanggal 27 Juni lalu, ada dua pengebom bunuh diri yang tewas di Maiduguri.

Mereka mencoba untuk melakukan serangan kepada para penjaga malam di sebuah masjid di Damboa.

Tiga hari kemudian, setidaknya 10 orang tewas di kota Djakana, Kamerun Utara, dekat perbatasan Nigeria karena bom bunuh diri.

Tanggal 4 Juli, tentara Nigeria mengatakan bahwa mereka menggagalkan upaya bom bunuh diri yang dilakukan oleh tiga perempuan terhadap pengungsi di Monguno, timur laut Maiduguri.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat