HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Militer Suriah Perpanjang Gencatan Senjata Selama 3 Hari Kedepan

10

HARIANACEH.co.id — Militer Suriah mengaku akan memperpanjang gencatan senjata selama tiga hari ke depan, meski pasukan pro pemerintah saat ini masih bertempur dengan pemberontak di wilayah utara negara.

Seperti dilansir cbsnews, gencatan senjata akan diperpanjang hingga 12 Juli mendatang. Sebelumnya, gencatan senjata berskala nasional di Suriah diterapkan sejak hari pertama Idul Fitri pada 6 Juli hingga 8 Juli.

Meski ada gencatan senjata, pertempuran darat masih terjadi. Jumat lalu, pemberontak melancarkan serangan roket ke permukiman penduduk di Aleppo, yang menewaskan sekitar 44 orang. Ini merupakan balasan dengan serangan pasukan rezim di kota yang sama.

“PBB khawatir dengan situasi di Aleppo, terutama terhadap 300 ribu orang yang terjebak di wilayah timur kota,” ujar wakil juru bicara PBB Farhan Haq di New York.

Haq menyinggung mengenai pertempuran hebat di sepanjang jalur Castello, satu-satunya rute ke Aleppo yang sebagiannya dikuasai pemberontak.

Lebih dari 60 warga sipil tewas oleh tembakan dan serangan udara di barat laut Suriah, beberapa jam sebelum berakhirnya gencatan senjata.

Warga sipil tewas di Idlib dan Aleppo, kata Syrian Observatory for Human Rights, kebanyakan orang yang tewas datang dari provinsi sekitar lokasi untuk menikmati libur Idul Fitri.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time