HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Batas Waktu Pilkada di Tiga Daerah Ditetapkan DPR

9

HARIANACEH.co.id — Komisi II DPR meminta kepada para penyelenggara pemilu agar segera menyelesaikan proses pilkada di tiga daerah tersisa dengan jangka waktu yang ditentukan. Kesimpulan tersebut disepakati setelah banyaknya interupsi dari anggota Komisi II DPR.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi II DPR Rambe Kamaral Zaman saat membacakan kesimpulan hasil rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dalam hal ini Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), DKPP, dan Mahkama Konstitusi (MK).

Baik Komisi II, pemerintah, beserta penyelenggara pemilu sepakat agar pilkada di Kabupaten Mamberamo Raya, Papua dan Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara dapat selesai pada Agustus 2016. Sedangkan, pemungutan suara pilkada Kota Pematangsiantar paling lama Oktober 2016.

“Kedua, hasil pembicaraan dalam RDP menjadi risalah yang tidak terpisah dari kesimpulan,” ujar Rambe, saat membacakan kesimpulan di Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (15/7/2016).

Menurut Rambe, penentuan jangka waktu tersebut dinilai sudah pas. Hal ini supaya tidak mengganggu persiapan pilkada serentak pada 2017 mendatang yang terdiri atas tujuh pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, 18 pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, dan 76 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Jika pilkada tersebut masih bermasalah juga, Rambe mengatakan pihaknya akan segera memanggil kembali KPU, Bawaslu, DKPP, MK, dan Kemendagri untuk dimintai pertanggungjawaban.

“Panggil lagi kalau tidak sesuai dilaksanakan apa yang sudah diputuskan,” jelasnya.

Pilkada Pematangsiantar ditunda karena adanya gugatan pasangan bakal calon Surfenov Sirait dengan Parlindungan Sinaga. Mereka keberatan kepesertaannya dicoret oleh KPU Pematangsiantar.

Sedangkan terkait pilkada di Kabupaten Muna dan Kabupaten Mamberamo Raya, MK memutuskan untuk melakukan pemilihan ulang. Rencananya pemilihan ulang tersebut akan dilaksanakan tahun ini, cuma hingga saat ini belum terlaksana.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat