HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

28 Orang Tewas Pasca Serangan Udara di Aleppo

4

HARIANACEH.co.id — Serangan udara di kota Aleppo, Suriah, Sabtu (16/7/2017), menewaskan sedikitnya 28 orang, termasuk beberapa anak-anak.

Serangkaian gempuran ini, dilaporkan dilakukan pesawat jet pemerintah Suriah atau Rusia, berlokasi di area yang dikuasai pemberontak di Aleppo bagian timur.

Seorang koresponden kantor berita AFP melaporkan beberapa bom gentong dijatuhkan di sejumlah titik di Aleppo. Di salah satu permukiman, sebuah rumah sakit terkena gempuran.

“Semua macam senjata digunakan untuk menyerang rumah sakit, dari tengah malam hingga pukul 11.00 siang. Sekarang (struktur bangunan) tidak stabil,” kata Mohammad Kheir, salah satu dokter di rumah sakit itu.

Masyarakat di permukiman lain melaporkan adanya penggunaan bahan peledak yang dijatuhkan pesawat. “Tiba-tiba ada bom gentong di atas kami. Kami pergi keluar, dan bom kedua, ketiga terus menghantam kami,” tutur Ahmad Erfan, seorang remaja di area Salhin.

Pemerintah Suriah melaporkan area barat Aleppo terkena serangan mortir pemberontak, dan menewaskan sedikitnya satu orang.

Aleppo, kota yang pernah menjadi pusat perdagangan dan industri di Suriah, terpecah sejak 2012. Pemerintah Suriah menguasai wilayah baratnya, dan pemberontak di timur.

Pertempuran memperebutkan wilayah di Aleppo berujung pada runtuhnya gencatan senjata yang dimediasi Rusia dan Amerika Serikat pada akhir Februari.

Jumat lalu, Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menlu Rusia Sergei Lavrov sepakat mengambil “langkah konkret” untuk memperbaiki gencatan senjata di Suriah.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat