HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ormas Islam Diminta Perhatikan Kepentingan Ekonomi

4

HARIANACEH.co.id — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta organisasi masyarakat (Ormas) Islam tak hanya berdakwah mengenai ibadah dan akhlak. Ormas Islam diminta ikut memerhatikan sektor ekonomi umat.

“Mau doa di mana saja, pasti seperti itu, keinginan mencapai kebahagiaan dunia, baru mencapai kebahagiaan akhirat. Mencapai bagian akhirat harus memunyai hal yang baik-baik terlebih dulu, kesempatan, kesehatan, modal materi, atau lainnya. Karena itu, selalu saya sampaikan bahwa program perekonomian sangat penting,” kata JK di hadapan umat Wahdah Islamiyah di Asrama Haji Pondok Kopi, Jakarta Timur, Selasa (19/7/2016).

Menurut JK, umat yang sukses secara ekonomi tentu akan memberikan sumbangsih kepada ormas yang diikutinya. Sumbangsih antara masyarakat dan ormas menjadi timbal balik.

Pria asal Makassar ini tak ingin umat Islam mencari pahala dengan menyakiti diri mereka sendiri. “Umat Islam harus menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai panutan,” kata JK.

Dalam menjalani hidup, lanjut JK, Nabi Muhammad SAW menjadi pedagang. Jalur dagang ini juga diikuti beberapa sahabat nabi.

“Bukan beliau menyiksa diri. Karena itu, gerakan ini jangan hanya menjadi gerakan sosial, tetapi gerakan ekonomi yang baik,” kata Kalla.

Orang nomor dua di Republik ini meminta ormas Islam mengajak umat untuk fokus menjalankan kegiatan ekonomi mereka untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Ormas dan ulama jangan hanya mementingkan penampilan umat.

“Jangan hanya kita memperhatikan pakai baju apa, celana apa, mana janggut kita. Bukan hanya itu. Tanya juga, kamu usaha apa, baik atau tidak?” pungkas Kalla.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time