HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Setiap Daerah Perlu Kehadiran KPK

9

HARIANACEH.co.id — Rencana Komisi Pemberantasan Korupsi membentuk perwakilan di daerah dinilai tepat. Hal itu dapat membantu pencegahan dan pemberantasan korupsi di daerah.

Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil mengatakan, kehadiran lembaga antikorupsi di daerah diperlukan untuk memastikan pencegahan dan pemberantasan korupsi berjalan baik dan terpadu. Sebab, otonomi daerah memunculkan raja-raja kecil yang ‘merampok’ uang rakyat melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah.

“Ketidakhadiran KPK di daerah membuat upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi seperti hangat-hangat tahi ayam,” kata Nasir, Selasa (19/7/2016).

Selain itu, masyarakat di daerah harus merasakan kehadiran KPK. Hal ini guna memberikan dampak langsung terhadap pencegahan dan pemberantasan korupsi di daerahnya.

“Jangan terkesan KPK hadir di daerah seperti ‘hantu’ tapi tidak memberikan dampak terhadap penurunan korupsi dan kesejahteraan rakyat di daerah itu,” ujarnya.

Ia berharap rencana ini didukung Komisi III. “Saya mendukung dan mudah-mudahan Komisi III juga mendukung kehadiran KPK di daerah,” ujar dia.

Sebelumnya, KPK berencana membuka kantor perwakilan di daerah agar pemberantasan korupsi lebih maksimal.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, rencana pembukaan kantor perwakilan di daerah sekaligus menanggapi pidato Presiden Joko Widodo saat pelantikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Jokowi menginginkan KPK lebih maksimal memberantas mafia hukum di daerah.

“Menanggapi pidato kepala negara dikaitkan upaya mengatasi mafia hukum termasuk di daerah,” kata Saut, Kamis 14 Juli 2016.

Saut mengungkapkan, tahap awal KPK akan membuka kantor perwakilan di Provinsi Riau, Banten, Sumatera Utara, Papua, Papua Barat, dan Aceh. Pertimbangannya, beberapa kali kepala daerah di tiga provinsi yakni, Riau, Banten dan Sumatera Utara, terjerat kasus korupsi. Sementara tiga provinsi lainnya mempunyai anggaran otonomi khusus yang besar.

“Tapi dalam perkembangannya bisa saja nambah daerah lain,” ujar Saut.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat