HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Hindari Infeksi Saluran Kemih Usai Berhubungan Intim dengan Cara Ini

5

HARIANACEH.co.id — Infeksi saluran kemih paling sering disebabkan oleh bakteri Escherichia Coli atau E. Coli yang hidup di usus besar dan sekitar anus. Bakteri ini masuk ke dalam saluran uretra karena cara pembersihan yang salah usai buang air.

Namun, gangguan ini ternyata juga terjadi usai berhubungan seks. Hal ini seringkali dialami perempuan.

Dr Charles Martamba Hutasoit, SpU, spesialis urologi di Siloam Hospitals Kebon Jeruk memberi tips agar perempuan terhindar dari gangguan ini pasca berhubungan seks.

Minum air putih, adalah salah satu kuncinya. “Minum banyak air merangsang kemih agar sering buang air kecil. Dengan demikian, kuman-kuman yang ada di sekitar organ genital bisa ikut terbuang,” jelas Charles dalam edukasi kesehatan di RS Siloam Kebon Jeruk, Rabu (20/7/2016).

Namun, jika infeksi saluran kemih juga disertai dengan keputihan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Selain dua penyebab di atas, infeksi saluran kemih juga bisa terjadi setelah berolahraga. “Keringat di area organ genital yang berlebihan pascaolahraga memicu pertumbuhan bakteri di celana dalam. Ini penyebabnya,” lanjut dia.

Itu sebabnya, mengganti pakaian dalam usai berolahraga sangat penting untuk mencegah infeksi saluran kencing dan masalah kesehatan lain seperti alergi.

loading...