HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kopi Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Tergantung Gen

13

HARIANACEH.co.id — Benarkah kopi memberi dampak buruk bagi tubuh? Jawabannya beragam.

Beberapa studi menemukan manfaat dari kopi, sementara studi lainnya menemukan efek berbahaya jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum lama ini mengatakan kopi tidak memicu karsinogenik, zat pemicu kanker.

Para peneliti hingga kini masih terus mengkaji dampak kopi bagi kesehatan.

Ahmed El-Sohemy, ahli gizi dari Universitas Toronto mempelajari hal tersebut lewat CYP1A2, gen yang bertanggung jawab terhadap metabolisme kafein. Penelitian yang dilakukan terhadap 4 ribu partisipan ini menemukan, konsumsi empat cangkir atau lebih dalam sehari meningkatkan risiko serangan jantung sebanyak 36 persen.

Namun, hal itu tidak berlaku pada semua orang. El-Sohemy mengatakan, kafein memicu masalah kardiovaskular hanya pada mereka yang memiliki metabolisme lambat.

Sebaliknya, pada orang dengan metabolisme cepat, kopi justru memberi efek positif, seperti meningkatkan antioksidan dan polifenol yang baik untuk tubuh.

Studi dengan hasil sama pernah dilakukan pada 2009. Para ilmuwan Italia menemukan, mereka yang memiliki metabolisme lambat terhadap kafein memiliki risiko hipertensi jika terlalu banyak mengonsumsi kopi. Namun, risiko hipertensi menurun pada mereka yang memiliki metabolisme cepat terhadap kafein.

Hasil penelitian ini bisa juga menjawab pertanyaan, mengapa efek kopi pada setiap orang berbeda. Sebagaimana diketahui, ada orang yang merasa berdebar jantungnya padahal hanya mengonsumsi secangkir kopi, sementara yang lainnya masih bisa tidur pulas padahal sudah menghabiskan tiga cangkir atau lebih.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat