HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

87 Orang Diberitakan Tewas Pasca Hujan Deras Melanda Tiongkok

3

HARIANACEH.co.idHujan deras di Tiongkok menewaskan sedikitnya 87 orang dan memaksa 16 juta penduduk meninggalkan rumahnya. Hujan deras ini memicu banjir dan tanah longsor.

Xinhua melaporkan, sebanyak 78 orang hilang di provinsi utara Hebei setelah daerah tersebut terkena banjir dan tanah longsor. Hampir 50.000 rumah telah rubuh dengan sekitar 8,6 juta orang telah terkena imbasnya.

Sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu, 23 Juli, di provinsi tengah Henan, 15 orang dilaporkan tewas dan delapan hilang setelah badai petir dan angin kencang menimpa wilayah itu. Sehingga memaksa 7,2 juta orang dari rumah mereka dan merusak 18.000 rumah.

Sebagian besar wilayah di Tiongkok terkena musibah banjir pada musim panas ini, serta telah menewaskan lebih dari 200 orang. Lebih dari 1,5 juta hektare (ha) tanaman telah rusak, menyebabkan kerugian ekonomi lebih dari 20 miliar yuan atau setara USD3 miliar.

Bank sentral Tiongkok pada Jumat kemarin mengeluarkan pernyataan yang mengatakan akan memberikan dukungan keuangan untuk daerah-daerah yang terkena banjir.

loading...