HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

SMAN 3 Langsa Terima Sosialisasi Penerimaan Bintara PK

21

HARIANACEH.co.id, Langsa — Menjadi seorang abdi negara itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi setiap orang terlebih bagi keluarga. Orang tua merasa bangga dan juga sangat senang melihat anaknya bisa menjadi abdi negara apapun itu profesinya, terlebih dapat mengantarkan anaknya menjadi seorang anggota TNI pastinya orang tua sangatlah bangga.

Dan hal tersebut terus diupayakan oleh TNI AD Kodim 0104/Aceh Timur untuk memberikan informasi kepada para siswa dan siswi maupun para orang tua dan bahkan turut mengerahkan para Danramil dan Babinsa untuk memberikan pelatihan umum khusunya pembinaan fisik bagi para anak-anak yang berminat masuk menajdi anggota TNI.

Bertempat di Aula Sekolah SMA Negeri 3 Langsa Staf Personil Kodim 0104/Aceh Timur memberikan sosialisasi Penerimaan Calon Bintara Prajurit Karir (Caba PK) TNI-AD Tahun Anggaran 2016, Jum’at (22/7).

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menginformasikan dan memberi pandangan kepada seluruh pelajar khususnya siswa kelas III yang tidak lama lagi akan menentukan pilihan masa depannya, tentunya setelah kelulusan sekolah diumumkan. Hal itu disampaikan oleh Perwira Seksi Personil (Pasipers) Kodim 0104/Atim Letnan Satu Infantri (Lettu Inf) Sukamto sebagai Ketua Tim pagi itu.

Sukamto menjelaskan bahwa ada empat kriteria pada penerimaan kali ini, diantaranya Caba PK Atlet, Caba PK Wanita Bertalenta, Caba PK Keahlian Khusus dan Caba PK Reguler.

Adapun pendaftarannya secara serentak akan dibuka mulai tanggal 13 Juni 2016 dan ditutup bervariasi sampai dengan tanggal 5 Agustus 2016 untuk Caba PK Atlet dan Caba PK Wanita Bertalenta, sedangkan penutupan pendaftaran Caba PK Keahlian Khusus pada 27 Agustus 2016. Khusus untuk Caba PK Reguler, pendaftaran mulai dibuka secara online pada tanggal 15 sampai 27 Agustus 2016. Sementara setelah dianyatakan lulus seleksi, maka pendidikan akan dibuka secara keseluruhan dari empat kriteria tersebut pada tanggal 29 September 2016, jelasnya.

Persyaratan penerimaan Caba PK secara keseluruhan adalah sama, seperti berkewarganegaraan Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 dengan tinggi badan minimal 163 untuk pria dan 157 untuk wanita, Usia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun (24 tahun bagi lulusan D3/D4) pada saat Pembukaan Pendidikan Pertama (Dikma).

Tidak memiliki catatan kriminalistas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia, sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata, dan tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, terangnya lagi.

Kemudian Sukamto mengingatkab bahwa calon pendaftar bukanlah anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI, dan berijazah serendah-rendahnya SMA/MA/SMK baik negeri atau swasta yang terakreditasi sesuai kebutuhan.

Geliat seluruh pelajar pun semakin bertambah dengan diputarnya beberapa Video yang menceritakan tentang Profil TNI-AD, hal itu tergambar dari keantusiasan pelajar dengan mengajukan pertanyaan demi pertanyaan seputar penerimaan Caba PK ini yang langsung dijawab oleh Ketua Tim saat itu, sehingga memperjelas hal-hal yang selama ini menjadi tanda-tanya bagi mayoritas pelajar.

Di akhir penjelasannya, Sukamto menegaskan bahwa Penerimaan Caba PK ini tidak dipungut biaya, karena semua kepentingan selama proses perekrutan sampai dengan pendidikan semuanya sudah ditanggung Negara. Apabila ada yang menawarkan diri atau membantu dengan imbalan sejumlah uang, maka yang bersangkutan tersebut adalah oknum, dan pastinya akan ditindak tegas jika kedapatan. Yakinlah dengan kemampuan diri sendiri dengan mempersiapkan mental dan fisik agar dapat mengikuti seleksi dengan aman dan lancar, tutupnya.

Berikut adalah daftar persyaratan Penerimaan Calon Bintara Prajurit Karir (Caba PK) TNI-AD Tahun Anggaran 2016 :

1. Calon pendaftar bukanlah anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI, dan berijazah serendah-rendahnya SMA/MA/SMK baik negeri atau swasta yang terakreditasi sesuai kebutuhan, dengan Nilai Ujian Nasional (UN) minimal:

a. Tahun 2011 dan 2012 diatas 6,8 (Nilai gabungan UAN dan UAS),
b. Tahun 2013 dan 2014 diatas 6 (Nilai gabungan UAN dan UAS),
c. Tahun 2015 diatas 55 (Nilai UAN),
d. Tahun 2016 diatas 50 (Nilai UAN).

2. Persyaratan Khusus Caba PK Atlet, diantaranya adalah yang bergelut dibidang Sepak bola, Bulu tangkis, Judo, Karate, Taekwondo, Atletik, Tenis lapangan dan Bola Voli dengan kriteria:

a. Pria dan Wanita atlet berprestasi dan pernah mengikuti pertandingan minimal tingkat PON.
b. Mendapatkan surat rekomendasi dari pengurus atau Pembina cabang olahraga.
c. Menunjukkan bukti dengan sertifikat, piagam atau tanda bukti kejuaraan lainnya pada saat pendaftaran.
d. Berprestasi tingkat internasional yang mendapat rekomendasi dari Komiad.
e. Sesuai kebutuhan TNI-AD.

3. Caba PK Wanita bertalenta, adalah berpenampilan menawan, postur ideal dan proporsional dengan nilai rata-rata Raport kelas X, XI dan XII diatas 70, sedangkan untuk Caba PK Keahlian Khusus harus memiliki keahlian sesuai bidang jurusan SMK dan menunjukkan bukti prestasi (bila ada) dengan Nilai rata-rata raport kelas X, XI, dan XII diatas 70. (rel)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat