HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Komisi I DPRA Gelar Pertemuan dengan Parlemen Rhode Island

2

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menggelar pertemuan dengan salah seorang anggota Parlemen Rhode Island, Mrs. Carol Hagan McCentee, Komisi bidang hukum, buruh dan pemerintahan Parlemen Negara Bagian Rhode Island, Rabu (27/07/2016).

Selain itu, rombongan legeslatif asal Aceh yang dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRA, Abdullah Saleh juga menggelar pertemuan dengan University of Rhode Island (URI) dalam lawatan ke USA.

Dalam pertemuan tersebut Mrs. Carol berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang tugas pokok dan fungsi serta mekanisme kerja of House Representative sesuai sistem hukum dan pemerintahan di Amerika Serikat.

Anggota parlemen Rhode Island dari Partai Demokrat itu juga memaparkan beberapa isu krusial yang sekarang menjadi keprihatinan pihaknya. Salah satunya terkait kebebasan menggunakan senjata api yang ternyata menurut dia telah berdampak buruk bagi warga negara USA.

Abdullah Saleh mengaku, Carol kelihatan sangat kagum ketika Komisi I DPR Aceh memberi komentar bahwa di Aceh dan di Indonesia sama sekali tidak dibenarkan warga negara menggunakan senjata api. Kecuali dengan syarat-syarat tertentu yang sangat ketat.

“Hal tersebut tentu membuat dia tertarik berkunjung ke Aceh untuk study banding terkait isu senjata api tersebut,” tulis Abdullah via akun facebook pribadinya, Kamis (28/07/2016).

Dalam kesempatan itu Komisi I juga mengklarifikasi mispersepsi sebagian warga USA terhadap Islam. Menurut Abdullah Saleh, Islam bukanlah seperti yang digambarkan selama ini oleh sekelompok orang yang menggunakan kekerasan.

“Kami di Aceh mayoritas beragama Islam dan bahkan melaksanakan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari. Kami di Aceh sudah lama melaksanan Islam yang sejuk dan damai serta menghargai toleransi terhadap umat agama yang lain,” jelas Abdullah Saleh.

Setelah menggelar pertemuan dengan anggota parlemen Rhode Island, lalu Komisi I DPR Aceh berkunjung ke Rhode Island State Capital Building (Kantor DPR Negara Bagian Rhode Island) untuk melihat secara langsung sekaligus mendapatkan penjelasan tentang sistem kerja parlemen di salah satu negara bagian di Amerika Serikat yang mayoritas dikuasai Partai Demokrat.

Dalam kunjungan ke Pusat Pemerintahan Negara Bagian Rhode Island tersebut, Komisi I DPR Aceh disambut oleh Mrs. Jennifer, Staf DPR Negara Bagian Rhode Island.

Selanjutnya Jennifer membawa rombongan berkunjung ke Pustaka Parlemen, Ruang Rapat Anggota DPR Rhode Island, Ruang Rapat Anggota Senat Rhode Island dan terakhir ruang resepsi dan konferensi pers Gubernur Negara Bagaian Rhode Island.[***]

loading...