HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kenali 5 Tanda Adanya Gangguan pada Jantung

8

HARIANACEH.co.idPenyakit jantung dikenal sebagai silent killer, penyakit yang diam-diam mematikan tanpa memandang usia dan gender.

“Khusus pada perempuan, tanda-tanda adanya gangguan jantung tidak selalu mengikuti pola klasik,” ujar Kerry Hildreth, MD, asisten profesor yang khusus menangani masalah penuaan dan kesehatan jantung di University of Colorado School of Medicine.

Untuk mengonfirmasi diagnosis gangguan jantung, dibutuhkan beberapa tes untuk memastikannya, yakni pemeriksaan elektrokardiogram (EKG), ekokardiogram, pemeriksaan enzim jantung, dan Angiografi Koroner atau Kateterisasi Jantung.

Selain pemeriksaan medis, terdapat beberapa pertanda penyakit jantung yang bisa menjadi alarm bagi Anda.

1. Nyeri pada dada

Dilansir Prevention, nyeri di area dada merupakan gejala paling umum bahwa ada yang tidak beres dengan jantung Anda. Adapun rasa nyeri dianalogikan seperti ada gajah yang menduduki dada. Dugaan gangguan jantung semakin kuat jika otot di area dada terasa seperti tertarik.

“Rasa sakitnya tidak selalu parah, yang membuat sinyal ini kadang diremehkan. Kadang-kadang rasanya seperti pegal yang menembus hingga area belakang bahu, dan menjalar hingga lengan, leher, dan rahang,” ujar Ashley Simmons, MD, kardiolog di University of Kansas Hospital.

2. Napas pendek

Jika Anda melakukan aktivitas ringan dan terengah-engah, itu artinya masalah. “Saya selalu meminta pasien membandingkan kondisi mereka saat ini, dengan kondisi mereka dua tahun yang lalu. Jika ada perubahan yang cukup signifikan pada napas mereka, kemungkinan gangguan jantung harus diwaspadai.

Indikasi gangguan jantung juga bisa dilihat ketika sedang berbaring. Merasa sesak saat telentang merupakan sinyal adanya gangguan pada katup jantung.

3. Mual, lelah, dan keringat dingin

Tiga gejala ini merupakan tanda tubuh tidak mendapat pasokan darah yang cukup. Tanda ini bisa menjadi sinyal gangguan pada jantung apabila terjadi usai melakukan aktivitas fisik.

Pada perempuan, serangan jantung seringkali didahului dengan gangguan pencernaan. Namun, banyak yang berpikir tidak ada kaitan antara jantung dengan pencernaan, sehingga mereka pun mengabaikannya.

4. Mata berkunang-kunang

Indikasi gangguan jantung tak berbeda jauh dengan anemia, demikian hasil studi University of North Carolina. Jika Anda merasa pusing ketika harus berdiri secara tiba-tiba, ditambah mengalami gejala yang dijabarkan di atas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan.

5. Kelelahan dan sulit tidur

Sebuah studi menemukan, banyak perempuan merasa sangat kelelahan, beberapa hari sebelum mengalami serangan jantung. Selain itu, mereka juga mengalami gangguan tidur.

Jika ciri-ciri tersebut Anda alami, jangan abaikan. Segera periksakan diri Anda ke dokter. Deteksi awal penyakit jantung dapat menyelamatkan nyawa Anda.

loading...