HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pelajar di Texas Diizinkan Bawa Senjata ke Kampus

Professor Ann Cvetkovich menunggu kesempatan berbicara dalam forum yang membahas implementasi Undang-undang baru terhadap izin pembawaan senjata ke kampus, (AP/Eric Gay)
9

HARIANACEH.co.id — Negara Bagian Texas, Amerika Serikat mengeluarkan Undang-undang baru yang memperbolehkan pelajar membawa senjata api ke dalam gedung perkuliahan. Aturan baru ini mempersilakan pelajar yang berumur 21 tahun keatas dan memiliki izin kepemilikan senjata secara tersembunyi (concealed guns), untuk membawa senjata mereka ke ruang kelas.

Seperti dilansir BBC, Texas kini menjadi negara bagian kedelapan yang memperbolehkan pelajar mereka membawa senjata ke dalam gedung kuliah. Banyak pejabat dan pelajar menilai, Undang-undang ini membuat sebagian besar pelajar takut menghadiri perkuliahan.

Tetapi, beberapa pendukung terhadap Undang-undang berpendapat, kebijakan ini melindungi masyarakat dan salah satu upaya menegakkan hak konstitusi.

“Undang-undang ini dapat mencegah serangan penembakan masal,” kata perwakilan Partai Republik Texas seperti dilansir BBC, Selasa (2/8/2016).

Perdebatan muncul, pelaku penembakan dinilai menyerang lokasi yang bebas dari penggunaan senjata api, seperti universitas dan bioskop. Hal ini karena pelaku tak akan menemukan perlawanan saat menjalankan aksi kriminal itu.

aksi penolakan senjata di kampus
aksi penolakan senjata di kampus, (AP/Ralph Barerra)

Kritik juga muncul terhadap Undang-undang baru yang dikeluarkan bertepatan dengan peringatan 50 tahun penembakan di Universitas Texas yang menewaskan 14 orang. Undang-undang ini dinilai sebagai solusi yang keliru dan dapat memicu lebih banyak kekerasan.

Beberapa akademisi berpendapat, Undang-undang ini bisa membatasi kebebasan berbicara pelajar di kampus. Mengingat, pelajar dengan senjata dapat memicu suasana tak bersahabat dan mengurangi pertukaran ide antarpelajar.

Dalam Undang-undang itu, tak ada batasan area dalam membawa senjata di lingkungan kampus. Mereka yang memenuhi persyaratan bisa membawa senjata ke mana saja, termasuk pusat olahraga dan laboratorium.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat