HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sulaiman Abda: “Masterplan Universitas Teuku Umar Sangat Visioner”

6

HARIANACEH.co.id, Meulaboh – Pimpinan DPRA, Sulaiman Abda menyatakan dukungannya atas masterplan Universitas Teuku Umar.

“UTU sebagaimana masterplan sangat visioner, ini kampus kelas dunia,” kata Sulaiman Abda usai bertemu dengan Rektor UTU, Prof. Jasman J. Ma’ruf, Ph.D di ruang Rektor UTU, Selasa (2/8/2016)

Sebelumnya, hampir satu jam, Rektor UTU dan Wakil Ketua DPRA itu berbincang-bincang disekitar usaha dan langkah memajukan dunia pendidikan, dan mengembalikan peran perguruan tinggi dalam proses pembangunan Aceh.

Sesekali keduanya juga tidak bisa terhindar berbicara masalah-masalah kekinian Aceh.

Rektor UTU, Jasman J. Ma’ruf pada kesempatan itu melakukan presentasi tentang masterplan UTU. Presentasi yang dilakukan melalui animasi itu menarik perhatian Sulaiman Abda.

“Rancangan UTU ini terinspirasi dari 20 universitas top di dunia,” katanya kepada Sulaiman Abda.

Kampus untuk kuliah dibangun dengan leter U yang ditengahnya berdiri gedung rektorat, sedangkan kubah berbentuk kupiah meukeutop Teuku Umar menjadi tempat pustaka, yang di atasnya bisa menjadi tempat landasan helikopter.

“Ini simbol bahwa kepala itu harus berisi ilmu pengetahuan,” kata Prof Jasman.

Dalam masterplan UTU juga terlihat mesjid khas UTU yang memiliki ketinggian 63 meter. Menara tersebut mengandung makna sakral sehingga dapat menginspirasi banyak orang tentang umur Rasulullah yaitu 63 Tahun. Rumah ibadah itu rencananya akan menjadi landmark UTU.

Disamping berisi bangunan, kawasan UTU juga terdiri dari kawasan yang dipenuhi dengan tanaman holtikultura. “Jadi ada pohon berbuah dan juga persawahan untuk pembenihan padi,” jelas Rektor.

Menurut Rektor UTU, kebutuhan anggaran keseluruhan diperkirakan sekitar 1 triliun. “Meski begitu, projek UTU ini bisa dibangun dengan anggaran terbatas, minimal 150 miliar. Jadi, sampai bagaimana cara bangun secara bertahap sudah dirancang,” katanya.

Wakil Ketua DPRK Aceh Barat hadir dalam kunjungan Wakil Ketua DPRA di kampus UTU itu. Ketiganya tampak berbincang serius, khususnya tentang rancangan mewujudkan UTU menjadi kampus bagi kawasan Barat dan Selatan Aceh.

Kepada Rektor UTU Sulaiman Abda menyampaikan hormat atas kehadiran Rektor UTU pada acara Halal bi halal yang dilaksanakan Unsyiah dan UIN Ar Raniry. “Kedepan saya undang UTU untuk bergabung dalam kegiatan yang sama sebagai bagian dari usaha kita bersama mewujudkan Aceh yang lebih baik lewat keterlibatan perguruan tinggi dan alumninya dalam membangun Aceh.

“Saya setuju dan menyambut baik langkah mengkompakkan perguruan tinggi di Aceh,” ujar Jasman J Ma’ruf memuji usaha Sulaiman Abda kembali menggerakkan kebersamaan dunia kampus di Aceh. [***]

loading...