HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

RSUD Kota Langsa Berikan Pelatihan Pelayanan Neonatus Melalui Pendamping

4

HARIANACEH.co.id, Langsa — Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada bayi yang sesuai dengan undang-undang No.36 tahun 2009, (seorang anak berhak hidup, tumbuh dan berkembag secara optimal serta terhidar dari kekerasan), RSUD Kota Langsa memberikan pelatihan pelayanan neonatus melalui pendamping, kegiatan tersebut di ikuti 40 peserta dari para unsur kebidanan, kesehatan rumah sakit dan bidan puskesmas se-Kota Langsa, kegiatan ini berkerjasama dengan UNICEF, Rabu (2/8/2016).

Dr.Syarbaini, M.Kes, Direktur RSUD Kota Langsa, “pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan melalui pendamping agar dapat meningkatkan kaulitas pelayanan sehingga dapat terjaganya kelangsungan hidup bayi yang baru lahir, memelihara dan meningkatkan kesehatan anak sesuai tumbuh kembangnya, serta untuk meningkatkan kualitas hidup anak yang akan menjadi sumber daya pembangunan bangsa di masa mendatang.”

“Pelayanan kesehatan untuk bayi baru lahir dan anak balita merupakan salah satu program kesehatan anak yang bertujuan untuk menjamin kelangsungan hidup, tumbuh kembang anak secara optimal dan perlindungan khusus dari kekerasan dan diskriminasi, serta mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas ceria, berahlak mulia dan terlindungi, karena anak adalah modal dasar bagi pembangunan bangsa,” ungkap Syarbaini, Rabu (3/8/2016).

Direktur, RSUD Kota Langsa melalui Kabag Humas RSUD Kota Langsa, Amzie Fauzie, S.Kes, “kegiatan di mulai dari tanggal 1 sampai dengan 14 Agustus 2016, bertempat ruangan Aula RSUD Kota Langsa, jelasnya kepada wartawan HARIANACEH.co.id melalui via telepon.

Selain itu, Amzie menyatakan, Perlindungan Anak juga mengamanahkan bahwa pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua berkewajiban dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan perlindungan anak.

Pemerintah wajib menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan upaya kesehatan yang komprehensif bagi anak agar setiap anak memperoleh derajat kesehatan yang optimal sejak dalam kandungan.

“Anak merupakan harapan masa depan, oleh karena itu mereka perlu dipersiapkan agar kelak menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, sehat dan cerdas,” tambah Amzie. (HAI/Herman)

loading...