HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Selama 4 Tahun RAT Koperasi KSU Flora Potensi Diduga Fiktif

8

HARIANACEH.co.id, Langsa — Tujuan utama berdirinya koperasi adalah mengembangkan kesejahteraan anggota, pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Namun tidak demikian halnya dengan sistem pengelolaan KSU Flora Potensi di Langsa.

Seorang pengurus KSU Koperasi Flora Potensi (Ramadhan), Minggu (7/8/2016), kembali kepada wartawan HARIANACEH.co.id, membeberkan bahwa Koperasi Serba Usaha tersebut berdiri pada tahun 2010 lalu dan selama hampir 6 tahun ini hanya sekitar 2 tahun yang berjalan sesuai dengan ketentuan, artinya selalu melakukan musyawarah dan kordinasi kepada seluruh pengurus koperasi KSU Flora Potensi diwilayah kerjanya, namun pada tahun ke-3 dan sampai dengan tahun 2016 tidak lagi seperti sebelumnya.

“Selama sekitar 4 tahun KSU Flora Potensi tidak dikelola berdasarkan sistem yang benar dan telah disalahgunakan untuk kepentingan pribadi oknum ketua (Agusriadi), Rapat Anggota Tahunan(RAT) juga pengurus tidak pernah ada namun bagaimana ini bisa terjadi dan berjalan mulus di Disperindagkop, justru ketua secara sepihak ada menjalin kerjasama dalam hal penjualan arang dengan perusahaan dari Medan, Sumatera Utara, yakni Asiong (Lehanas Makmur)PT. Niaga Makmur,” terang Ramadhan.

Ramadhan, pengurus Koperasi KSU Flora Potensi Langsa
Ramadhan, pengurus Koperasi KSU Flora Potensi Langsa, (HAI)

Dia juga sangat menyayangkan dan menyesalkan terhadap perbuatan ketua, Agsuriadi yang dengan semena-mena mengelola KSU Flora Potensi tanpa ada melakukan musyawarah kepada pengurus KSU sendiri.

“Saya sangat menyesalkan dan kecawa terhadap sikaf ketua (Agusriadi) yang dengan semena-mena dalam mengelola koperasi selama 4 tahun terakhir ini, tidak pernah melakukan kordinasi dan musyawarah kepada pengurus KSU, anehnya di Disperindag-kop kota Langsa ada hasil RATnya, apakah ketua (Agusriadi) selama ini melakukan pemalsuan semua dokumen pengurus serta koperasi,” demikian ungkap Ramadan.

Sementara itu, sampai berita ini diturunkan, Ketua KSU Flora Potensi (Agusriadi) belum dapat dikonfirmasi.

Ditempat terpisah, LSM Fakta, R. Wiranata meminta, pihak penegak hukum dan para pihak terkait di wilayah Kota Langsa agar dapat mengusut tuntas atas dugaan kejahatan besar yang dilakukan oleh oknum Ketua KSU Flora Potensi (Agusriadi) terhadap apa yang menjadi persoalan KSU tersebut dan agar dapat mengklarifikasi serta menindak lanjutinya sesuai dengan ketentuan dan UU yang berlaku, ungkap Wira, Minggu (7/8/2016). (HAI/HS)

loading...