HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wakil Dubes Korut Dituduh sebagai Pelaku Kejahatan Seksual

2

HARIANACEH.co.id — Media Korea Utara (Korut) menuduh wakil dubes yang bertugas di London, Inggris dan membelot ke Korea Selatan (Korsel) sebagai pelaku kejahatan seksual.

Komentar dari Kantor Berita KCNA tidak menyebut identitas dari wakil dubes itu. Tetapi pihak Korsel menyebut namanya sebagai Thae Yong Ho, dan kini dia sudah berada di Korsel bersama keluarganya.

Bagi Pemerintah Korsel, Thae merupakan diplomat senior yang pernah membelot. Namun hal berbeda diucapkan oleh pihak Korut.

“Buronan itu diperintahkan untuk menyerahkan diri karena menggelapkan banyak uang negara, menjual rahasia negara dan melakukan pemerkosaan terhadap anak-anak,” sebut KCNA, seperti dikutip Reuters, Sabtu (20/8/2016).

“Pemerintah Korut sudah menginformasikan hal ini kepada Inggris, mengenai kejahatannya itu dan meminta agar dia diserahkan kepada kami,” lanjut KCNA.

Tetapi menurut KCNA, Inggris justru merusak citra sebagai negara yang menjunjung tinggi aturan hukum, dengan tidak menyerahkan buronan tanpa paspor kepada Korsel. Inggris juga mengabaikan tugasnya untuk melindungi diplomat yang hidup di negaranya.

Juru Bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan Jeong Joon-Hee mengatakan, sang diplomat bersama keluarganya kini sudah berada di Seoul.

Jeong mengungkapkan, pembelotan ini dilakukan lantaran Thae sudah muak dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Sementara, Thae telah mengagumi kebebasan di Korea Selatan yang memiliki sistem demokrasi yang lebih baik bagi dirinya dan masa depan keluarganya.

Korea Utara yang terisolasi dari dunia internasional pasca program senjata nuklirnya, memang memiliki sedikit kedutaan besarnya di luar negeri. Kasus pembelotan seperti ini kejadian yang amat langka.

loading...