HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Karang Taruna Semut, Produksi Diterjen dan Sabun di Kota Langsa

4

HARIANACEH.co.id – Langsa: Karang Taruna SEMUT (Semangat Muda Taruna) Gampong Sidodadi Kec. Langsa Lama,  usaha pembuatan diterjen dan sabun, berlangsung di Kantor Geuchik setempat berkerjasama dengan Universitas Samudra Langsa Mastura, SSi, MSi merupakan dosen jurusan FKIP Kimia.

Geuchik Gampong ( Desa ), Sidodadi Rahmad Hidayat saat dikonfirmasi HARIANACEH.co.id  beberapa waktu lalu, Minggu (14/8).

“Untuk tahap perdana Karang Taruna Semut sudah berhasil memproduksi sebayak 100 botol diterjen cuci baju dan diterjen cuci piring satu liter, dan puluhan sabun cream cuci baju. Kedepan kami juga akan membuat sabun batang untuk cuci pakaian.”

Rahmad Hidayat,  mengenai nama produksi usaha dan harga kita akan musyawarah tentunya.  waktu dekat ini juga usaha pembuatan diterjen dan sabun ini akan mengurus izin Depkes dan izin dagang.

“Rencananya diterjen dan sabun hasil karya karang taruna Semut ini akan dipasarkan untuk masyarakat Kota Langsa dan sekitarnya, semoga usaha yang digagas karang Taruna ini sukses, ucap Rahmad.

Sementara Mastura, SSi, MSi ketika ditemui  Harianaceh.co,id. bahan pembuatan diterjen dan sabun tersebut menjelaskan, untuk diterjen cuci piring bahannya terdiri dari Texapon, NaOH, Abs (kamperlan), air, pewangi dan pewarna dan lainya. Sedangkan untuk diterjen cuci baju sama bahannya dengan  cuma pewangi dan pewarna yang berbeda.

Sementara untuk sabun cream bahanya terdiri dari Abs, soda ash, STTP, kostik soda (soda api) pewangi, CMC, pewarna dan air. Semua sabun bahan dasarnya sama, cuma pewangi dan pewarna yang membuat berbeda. Jadi sabun ini bisa kita olah dengan wangi yang berbeda. Dengan adanya kegiatan seperti ini semoga bisa meningkatkan usaha perekonomian masyarakat. hai (herman)

loading...