HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

12 Orang Tewas Akibat Serangan di Kampus Amerika di Afghanistan

Petugas medis menolong korban penyerangan orang bersenjata di American University di Kabul, Afghanistan. (Foto: AP)
17

HARIANACEH.co.id – Dua belas orang terbunuh dalam penyerangan di sebuah kampus di Kabul, Afghanistan. Diketahui, American University menjadi sasaran serangan teror pada Rabu 24 Agustus 2016 malam waktu setempat.

Juru bicara Kepolisian Kabul, Basir Mujahid menyatakan, 12 korban terdiri dari tujuh mahasiswa, tiga polisi dan dua petugas keamanan kampus. “Sekira 750 mahasiswa berada di kampus saat penyerangan terjadi,” imbuhnya, seperti dilansir CNN, Kamis (25/8/2016).

Pihak kepolisian menyisir American University di Kabul pagi ini dan berhasil membunuh dua penyerang yang menyerbu kampus. Mereka melakukan aksinya dengan senjata dan bahan peledak.

“Kami mengakhiri operasi pembersihan dan berhasil membunuh dua penyerang,” ujar kepala tim penyelidik Kabul, Fraidoon Obaidi.

Saksi mata menuturkan, sempat mendengar ledakan dan baku tembak di lingkungan kampus. Sekelompok pria bersenjata berhasil masuk dengan meledakkan gerbang.

Aksi mereka membuat para mahasiswa dan staf di kampus berhamburan melarikan diri. Sebagian di antara mereka bersembunyi di dalam gedung hingga situasi terkendali.

Belum ada kelompok yang bertanggung jawab atas insiden ini. Pemerintah Afghanistan sendiri mendukung Amerika dalam upaya memerangi Taliban selama beberapa tahun terakhir.

American University dianggap sebagai simbol kerjasama antara Amerika Serikat dan Afghanistan. Selain namanya, hanya sedikit mahasiswa Amerika berkuliah di kampus ini. Namun, banyak warga Negeri Paman Sam menjadi pegawainya. Belum lama ini dua dosen asing dikabarkan diculik.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat