Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Milisi Kurdi Disalahkan Pasca Tewasnya Prajurit Turki di Suriah

HARIANACEH.co.id – Militer Turki mengonfirmasi korban jiwa pertama dalam operasi penyerangan melawan kelompok militan Islamic State (ISIS) di Suriah.

Rabu 24 Agustus, Turki melancarkan operasi melawan ISIS, namun juga sambil menyerang pasukan Kurdi di wilayah perbatasan. Dalam operasi ini, Turki mengirim belasan tank dan ratusan prajurit.

Ketegangan Turki dan Kurdi meningkat pada Sabtu, dengan terjadinya baku tembak sekitar delapan kilometer dari kota Jarablus.

Kantor berita nasional Anadolu kemudian melaporkan adanya satu prajurit Turki yang tewas dan tiga lainnya terluka akibat serangan roket Kurdi terhadap dua tank.

Seperti dikutip AFP, Minggu (28/8/2016), korban tewas yang belum teridentifikasi adalah kematian pertama dari militer Turki dalam operasi di Suriah. Kematian dikonfirmasi seorang pejabat Turki yang enggan disebutkan namanya.

Anadolu melaporkan serangan roket berasal dari anggota Partai Serikat Demokratik Kurdi (PYD). Turki menganggap PYD dan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) sebagai organisasi teroris.

Setelah serangan tersebut, Turki merespons dengan melontarkan mortir ke PYD di Suriah.

Otoritas Kurdi di Suriah bagian utara mengatakan para pejuang lokal yang didukung milisi Kurdi telah “menghancurkan dua tank dan membunuh para krunya” di dekat desa Al-Amarneh.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya