HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Di Semua Negara, Kuota Haji Sama Saja

4

HARIANACEH.co.id – Kuota haji yang diberikan pemerintah Arab Saudi kepada setiap negara sama. Setiap satu mil (acuan jarak wilayah), akan diberikan kuota calon haji sebanyak satu orang.

“Semua (negara) persentasenya sama saja, per satu mil dari seluruh penduduk setiap tahunnya,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam rangkaian acara Hari Ulang Tahun Pasar Modal ke-39 di Lapangan Parkir Lot 7-9 SCBD Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (28/8/2016).

JK menjelaskan, Indonesia dengan penduduk muslim sebanyak 210 juta orang, berarti mendapat kuota haji 210 ribu. Namun, kuota itu dikurangi 20 persen karena proyek perluasan Masjidil Haram.

“Maka (jumlah kuota) tinggal 160-170 (ribu). Yang mendaftar jutaan, jadi terpaksa menunggu,” papar JK.

Sementara di Filipina, jumlah penduduknya tidak sebanyak Indonesia. Luas wilayah Filipina tak sebanding dengan jumlah penduduk muslim itu sendiri.

“Jadi, di Filipina mungkin (kuota hajinya) tidak dipakai,” pungkas Kalla.

Sebelumnya, JK memastikan 177 warga negara Indonesia (WNI) yang hendak berangkat haji menggunakan paspor Filipina merupakan korban penipuan. Mereka tidak akan kehilangan kewarganegaraan Indonesia dan pemerintah sedang berusaha memulangkan ke Tanah Air.

 

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time