HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

6.500 Imigran di Laut Mediterania Kembali Diselamatkan Italia

14

HARIANACEH.co.id, ROMA – Tim penyelamat Italia berhasil menyelamatkan ribuan pengungsi dari kapal-kapal kecil di lepas pantai Libya.

Seperti dilansir AFP, Selasa (30/8/2016), polisi laut Italia mengatakan mereka membantu sekitar 6.500 imigran di mana mayoritas berasal dari Somalia dan Eritrea.

Jumlah tersebut pun adalah jumlah yang terbanyak dalam penyelamatan hingga Agustus 2016.

Penyelamatan dilakukan pada Senin 29 Agustus kemarin dengan mengkoordinasi 40 operasi penyelamatan yang melibatkan armada Italia, organisasi kemanusiaan, serta badan perbatasan Eropa, Frontex.

Sehari sebelumnya, sekitar 1.100 imigran diselamatkan di area yang sama.

Namun, jumlah imigran yang melewati Laut Mediterania pada tahun ini menurun dibanding pada periode yang sama tahun lalu.

Sepanjang tahun ini sebelum penyelamatan pada Senin kemarin, total kedatangan pengungsi di Italia menurut badan pengungsi PBB, UNHCR, mencapai angka 105 ribu orang.

Sementara itu, lebih dari 3.000 imigran tewas di laut ketika mencoba mencapai Italia atau Yunani sepanjang 2016. Jumlah ini naik sekitar 50 persen dari periode yang sama di 2015.

Para imigran seringkali menggunakan kapal yang berukuran kecil di mana kapal tersebut tak kuat untuk menampung ribuan orang sehingga tenggelam di tengah laut.

Menurut laporan, lebih dari 400.000 imigran telah berhasil berlayar ke Italia dari Afrika Utara sejak 2014 silam. Mereka sengaja meninggalkan negara asalnya untuk melarikan diri dari kekerasan dan kemiskinan.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time