HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Di KTT ASEAN, Obama-Duterte Bertemu Bahas Perang Narkoba

7

HARIANACEH.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama direncanakan akan membahas persoalan Hak Asasi Manusia (HAM) dan keamanan ketika ia bertemu dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte, bulan depan.

Pertemuan ini akan dilaksanakan di tengah-tengah KTT ASEAN di Laos pada 6-8 September.

“Kami benar-benar berharap bahwa Obama membicarakan kekhawatiran yang meningkat tentang beberapa pernyataan terbaru dari Presiden Filipina,” kata Penasihat Gedung Putih, Ben Rhodes, seperti dikutip Associated Press, Selasa (30/8/2016).

Rhodes juga mengatakan bahwa pertemuan itu akan mencakup masalah-masalah terkait sepreti sengketa Laut China Selatan.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. (AFP)

Terkait dengan sengketa perairan ini, Duterte telah menegaskan kepada Duta Besar Tiongkok di Filipina agar Tiongkok mematuhi putusan pengadilan arbitrase internasional.

Tiongkok dinyatakan tak memiliki klaim di jalur perairan internasional tersebut di mana putusan tersebut keluar pada 12 Juli lalu, tiga tahun setelah Filipina melaporkan kepada pengadilan arbitrase internasional.

Utamanya, kata dia, adalah kekhawatiran dunia, terutama PBB atas pemusnahan pengguna dan pengedar narkoba besar-besaran yang dilakukan Duterte.

Sejauh ini, dilaporkan 1.900 orang tewas dan 700 di antararanya tewas dalam operasi polisi sejak Duterte menjabat akhir Juni lalu sebagai Presiden Filipina.

Awal bulan ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga mendesak Filipina untuk menghentikan pembunuhan di luar hukum terhadap warga yang diduga melakukan pelanggaran terkait narkotika dan obat-obatan terlarang.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time