HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Relawan Australia Dibebaskan Setelah Disandera di Afghanistan

4

HARIANACEH.co.id – Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop menyatakan bahwa seorang warga Australia yang disandera di Afghanistan sejak April lalu, sudah dibebaskan.

Kerry Jane Wilson, ditangkap oleh sekelompok pria bersenjata di rumahnya di Jalalabad. Ia adalah seorang pekerja sukarelawan di Afghanistan.

“Wilson telah bebas setelah empat bulan disekap, dan ia dalam keadaan baik,” kata Bishop dalam pernyataannya, seperti dikutip CNN, Selasa (30/8/2016).

“Saya lega karena ia sudah bebas, dan saya tetap melakukan kontak dengan keluarganya,” lanjutnya lagi.

Namun, Pemerintah Australia tidak membeberkan informasi lain terkait pembebasan tersebut dengan alasan melindungi orang lain yang juga menghadapi kasus serupa di Afghanistan.

Beberapa sumber mengatakan bahwa Wilson dibebaskan setelah adanya operasi khusus. Beberapa tersangka penculikan pun sudah ditangkap dan sedang dalam penyelidikan.

Kerry Jane Wilson
Kerry Jane Wilson

Seorang rekan Wilson yang tak ingin disebutkan namanya itu lega karena Wilson telah bebas. Namun, dirinya mengharapkan Wilson akan kembali ke Afghanistan.

“Pekerjaannya di Afghanistan sangat vital untuk kemajuan dan masa depan negara itu,” katanya.

Tak hanya Wilson, sejumlah warga asing yang menjadi sukarelawan di Afghanistan pun menjadi korban penculikan.

Awal bulan ini, dua tenaga pengajar dari Universitas Amerika di Afghanistan telah diculik oleh sekelompok pria bersenjata.

Pada Juni lalu, kelompok militan Taliban menculik sekitar 200 turis mancaneara. Enam di antaranya dibunuh di lokasi penculikan. Selain itu, 20 turis lainnya masih disekap, namun sisanya dibebaskan.

loading...