HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Foto Pengungsi Lesbos Menangkan Penghargaan

4

HARIANACEH.co.id — Seorang fotografer Yunani memenangkan hadiah fotoberita terbaik Visa d’Or untuk liputannya tentang kedatangan besar-besaran pengungsi dan pendatang di pulau Lesbos, Yunani, tahun lalu.

Aris Messinis yang bekerja untuk kantor berita Perancis AFP, sebelumnya telah memenangkan berbagai penghargaan untuk gambar-gambar yang diambilnya di zona perang.

Dia mengatakan dia tidak pernah membayangkan sebelumnya akan meliput peristiwa pengungsian ini di negerinya sendiri.

Yang istimewa, ia juga beberapa kali melepaskan kameranya untuk membantu langsung orang-orang yang tampak mengalami kesulitan.

Salah satu foto yang membuatnya banyak dipuji di media sosial justru bukan foto karyanya, melainkan karya seorang saksi yang melihat dia menggendong seorang anak pengungsi ke tempat yang aman dari laut.

Messinis menegaskan, sama sekali tak ada konflik kepentingan antara memotret dan menyelamatkan orang, dan bahwa yang dilakukannya itu adalah ‘refleks manusia normal.’

“Kami berusaha untuk menjaga jarak, untuk bersikap obyektif,” katanya.

“Tapi kadang-kadang merupakan hal yang baik untuk mengulurkan tangan kepada seseorang yang membutuhkan. itu merupakan keputusan pribadi.”

Karya-karyanya kini dipamerkan di Perpignan di Perancis selatan.

Visa d’Or untuk foto berita dianggap penghargaan paling bergengsi yang diberikan dalam festival Visa Pour L’Image.

Pulau Lesbos, Yunani pernah dibanjiri pengungsi hingga 7.000 migran dalam satu hari, dan banyak yang meninggal di laut sebelum menjcapai daratan.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time