HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Aplikasi yang Terlantar di App Store Dibersihkan Pihak Apple

6

HARIANACEH.co.id – Apple akan membersihkan App Store dengan menghapuskan aplikasi yang telah lama tidak mendapat update.

Tujuannya adalah memudahkan pengguna menemukan aplikasi yang dia cari, dan mengurangi jumlah aplikasi yang tidak kompatibel dengan iOS yang ada sekarang ini.

Selain itu, Apple juga ingin mengurangi developer yang berusaha memanipulasi hasil pencarian dengan menggunakan nama yang panjang. Seperti yang disebutkan oleh Mac Observer,Apple akan memberitahukan perubahan ini pada developer Mac dan iOS melalui email.

“Ada aplikasi-aplikasi di App Store yang tidak lagi bekerja seperti seharusnya atau tidak mematuhi peraturan yang ada sekarang ini dan aplikasi yang telah lama tidak mendapatkanupdate. Kami sedang melakukan evaluasi untuk aplikasi-aplikasi yang mengalami masalah tersebut, memberikan notifikasi pada para developer dan menghapuskan aplikasi yang telah ditinggalkan atau bermasalah pada App Store,” kata Apple.

Apple tidak begitu saja menghapus aplikasi yang bermasalah. Mereka memberikan masa tenggang selama 30 hari pada developer sebelum aplikasi terhapus. Developer dapat menggunakan waktu itu untuk mengatasi masalah yang ada pada aplikasi mereka. Pengguna yang telah terlanjur membeli aplikasi itu masih dapat mengunduhnya.

Developer yang berusaha untuk memanipulasi sistem dengan membuat nama aplikasi yang panjang perlu menggunakan taktik baru. “Dalam rangka untuk mempengaruhi hasil pencarian, sebagian developer menggunakan nama yang sangat panjang termasuk kata-kata deskripsi yang tidak menjelaskan aplikasi mereka,” kata Apple. “Nama-nama ini tidak akan ditampilkan sepenuhnya di App Store.”

Sementara judul aplikasi baru dan update kini dibatasi menjadi 50 karakter, diharapkan bisa mengurangi intensitas developer yang menggunakan nama yang terlalu panjang.

Perubahan ini akan menguntungkan baik pengguna dan developer. Bagi pengguna, mereka akan lebih mudah menemukan aplikasi yang mereka inginkan. Sementara bagi developer, aplikasi mereka juga lebih mudah ditemukan calon pengguna.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time