HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kanselir Jerman di Bawah Tekanan saat Kalah dari Partai Anti-migran

5

HARIANACEH.co.id – Partai yang berkuasa di Jerman pimpinan Kanselir Angela Merkel diperkirakan akan kalah dari partai anti-migran dalam pemilihan di negara bagian di Jerman timur.

Seperti dilansir AFP, Senin (5/9/2016), usai pemberian suara memperlihatkan Partai Persatuan Demokrat Kristen, CDU, berada di tempat ketiga dengan pemenang Partai Sosial Demokrat, SPD, yang beraliran politik kiri-tengah.

Yang mengejutkan adalah tempat kedua dipegang oleh Alternatif untuk Jerman, AfD -kubu anti migran dan juga anti Islam- dengan perkiraan meraih 21,4% suara sementara CDU didukung 19,8%.

Pemungutan suara di negara bagian Mecklenburg-West Pomerania, Minggu 4 September lalu merupakan batu ujian bagi Merkel sebelum pemilihan umum 2017 mendatang.

Sebelum pemilihan, semua partai Jerman sudah memutuskan tidak akan bersedia membentuk pemerintahan koalisi dengan AfD di negara bagian ini.

Namun perolehan suara AfD yang kuat diperkirakan memperlemah posisi Merkel, yang menyambut baik kedatangan para imigran dari kawasan Timur Tengah.

Di bawah kepemimpinan Merkel, tahun lalu Jerman menerima kedatangan sekitar 1,1 juta pengungsi dan pendatang, yang meningkatkan sentimen partai anti-migran.

Partai AfD, yang awalnya merupakan partai anti-Eropa, menikmati peningkatan dukungan dari warga Jerman yang tidak mendukung kebijakan Merkel atas pendatang.

Merkel, yang saat ini sedang mengikuti pertemuan puncak G20 di Hangzhou, Tiongkok menegaskan kembali kebijakannya.

“Kami tidak mengurangi tunjangan kepada setiap orang di Jerman karena bantuan kepada pengungsi. Kenyataannya, kita menyaksikan peningkatan sosial di beberapa kawasan,” tegasnya.

Sementara itu tahun ini diperkirakan Jerman akan menerima kedatangan sekitar 300.000 pengungsi. Banyak pihak mengatakan bahwa Jerman akan kesulitan menerima mereka semua.

loading...