HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Multitasking, Sisi Unggul Android Nougat

Android Nougat
15

HARIANACEH.co.id — Android Nougat, Resmi sudah Google Mengumumkan Android Terbarunya yang sebelumnya hanya di kenal dengan inisial N. Sistem operasi yang akan menyempurnakan dari versi sebelumnya Mashmallow akan memberikan beberapa sisi keunggulan dari versi sebelumnya.

Multitasking, Salah satu sisi unggul dari Android Nougat yang akan memberikan kenyamanan dan kemudahan yang lebih baik dari segi penggunaan. Secara teknis Android sendiri sebenarnya sudah memiliki kemampuan untuk menjalankan berbagai proses dan aplikasi dalam satu kesempatan secara bersamaan dan inilah yang di maksud multitasking tersebut.

Dengan munculnya komputer tablet dan ponsel berlayar besar yang berjalan di Android, para pembuat peranti mulai memperhatikan kemungkinan desain tampilan yang lebih ramah terhadap kemampuan multitasking. Salah satunya adalah antarmuka multijendela (multiwindow) yang diperkenalkan pada beberapa peranti Samsung, atau juga disebut sebagai split screen.

Pada mode multijendela ini pengguna bisa membuka dua jendela aplikasi sekaligus. Mode ini bisa diakses dari tombol Recent Apps pada Android. Pengguna bisa menekan lama-lama (long press) untuk mengaktifkannya ketika membuka aplikasi tertentu. Bila ingin mengaktifkan mode ini dari layar utama (bukan dari dalam aplikasi), setelah menekan tombol Recent Apps Anda bisa menekan lama-lama salah satu tampilan kecil (thumbnail) aplikasi yang ditayangkan.

Ketika menjalankan mode multijendela ini aplikasi yang sedang dibuka saat ini akan digeser ke layar bagian atas (atau bagian kiri, pada tampilan landscape). Karena sudah terintegrasi dengan sistem operasi, aplikasi yang dirancang untuk Android 7 secara bawaan akan langsung kompatibel dengan mode multijendela. Ini berbeda dengan mode serupa yang diperkenalkan pada peranti Samsung, yang hanya didukung oleh beberapa aplikasi saja.

Meskipun begitu akan ada beberapa aplikasi yang tidak mempedulikan mode ini. Salah satu kategori aplikasi yang tidak terpengaruh oleh fitur multijendela ini yaitu aplikasi yang secara bawaan menjalankan mode layar penuh (full screen). Aplikasi seperti ini biasanya adalah permainan video.

Kemungkinan lain adalah pengembang aplikasi memilih secara eksplisit untuk menolak dukungan terhadap fitur multijendela, meskipun tidak mengaktifkan mode layar penuh. Pada Android 7 Google tampaknya juga sudah mulai mempersiapkan fitur multitasking pada layar yang lebih besar.

Fitur multijendela seperti yang diuraikan di atas jelas akan sangat bermanfaat untuk ponsel berlayar lebar dan komputer tablet. Namun pada layar yang lebih besar, seperti yang biasa dijumpai pada komputer jinjing dan komputer meja, pengelolaan jendela aplikasi seperti pada Windows dan macOS akan terasa lebih mudah. Google memperkenalkan mode free form window pada Android Nougat.

Mode ini memungkinkan beberapa jendela aplikasi tampil sekaligus, dan bisa ditampilkan saling tumpang tindih seperti pada Windows dan macOS. Android TV sudah memanfaatkan fitur ini untuk tampilannya, yang disebut sebagai Picture in Picture (PiP). Fitur PiP memungkinkan penonton televisi untuk menampilkan video di sudut kecil layar, sambil terus menonton video lainnya.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat