HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

DPRA Bantu Atasi Petani Tambak di Kecamatan Dewantara dan Muara Batu

4

HARIANACEH.co.id, ACEH UTARA – Kesulitan pembuangan air bagi ribuan hektar tambak di Kecamatan Dewantara dan Muara Batu, Aceh Utara, akhirnya teratasi. Aspirasi yang selama ini disuarakan para petani tambak tersebut, disahuti oleh Dedi Safrizal, Anggota DPRA dari Partai Nasional Aceh (PNA).

“Selama ini banyak petani tambak mengeluh, karena sudah hampir tiga tahun terakhir, tambak-tambak warga sering kebanjiran, karena tidak ada saluran pembuangan air, terutama di musim penghujan,” ujar Gechiek Gampong Bungkah, Hasan Ismail, Selasa, (6/9).

Hasan menambahkan, dengan dibukanya saluran air di sepanjang Kuala Bungkah, maka para petani tidak khawatir lagi tembak mereka akan tergenang air. Bantuan tersebut, sambungnya, murni bantuan pribadi Dedi Safrizal, anggota DPRA dari Dapil V, bukan tender pemerintah”

“Pembukaan kuala tersebut sejauh 150 meter, dengan kedalaman 3 meter. Butuh waktu tiga hari untu menyelesaikan pembukaan kuala tersebut” kata Hasan.

Sementara itu, dikutip dari laman AJNN  Dedi Safrizal menuturkan, jika dirinya menerima aspirasi masyarakat sekitar terutama para petani tambak, melalui timnya.

“Iya benar, saya terima aspirasi masyarakat Dewantara dan Muara Batu dari tim saya. Makanya saya berinisiatif untuk mengerahkan alat berat untuk membuka jalur kuala tersebut hingga tembus ke laut” ungkap Dedi.

Dedi berharap, Pemerintah Aceh dapat memprioritaskan pembangunan kuala tersebut.

“Kalau hanya dibuka dengan alat berat mungkin tidak akan bertahan lama, karena akan terkikis abrasi. Kalau bisa Pemerintah Aceh dapat mengalokasikan anggaran untuk memasang batu di sepanjang kuala. Karena itu menyangkut hajat hidup masyarakat yang sangat mendesak” pungkasnya.[***]

loading...