HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Cegah Kanker Pada Anak Dengan Cara Ini

(allabilitiesfitness.ca)
5

HARIANACEH.co.id — Sebagian besar kasus kanker pada anak dikaitkan dengan gaya hidup yang orangtua jalani. Seperti halnya, orangtua yang merokok, punya masalah genetik atau diet yang tak sehat punya dampak yang besar bagi kesehatan anak.

Menurut Dr Anupa Sachdeva, kanker pada anak dapat dihindari apabila orangtua mengambil tindakan seperti berikut.

1. Atur pola makan

Orangtua harus mendorong anak-anak untuk perbanyak makan buah dan sayur. Kedua makanan tersebut mengandung antioksidan yang tinggi dan kaya akan vitamin. Ini membantu melindungi tubuh dari zat kimia yang berbahaya.

2. Cek aktivitas fisik

Tak hanya orangtua ataupun orang dewasa yang membutuhkan olahraga untuk menunjang aktivitas harian lebih berstamina. Anak-anak pun demikian. Dengan melakukan olahraga secara rutin, dapat membantu mengurangi risiko kanker.

3. Menjaga berat badan ideal

Obesitas merupakan salah satu masalah besar penyebab kanker. Selalu pastikan anak Anda berada pada berat badan yang normal. Hindari anak-anak mengonsumsi gula secara berlebihan karena berpotensi menyebabkan obesitas.

4. Memakai tabir surya

Pastikan anak Anda tidak boleh terkena langsung sinar UV dari matahari. Selalu pakaikan tabir surya ataupun sunblock agar tak terkena penyakit kanker kulit terutama saat bermain di tengah terik panas matahari.

5. Merokok

Sejak mereka kecil, ajarkan tentang efek berbahaya dari merokok. Sehingga, ketika mereka tumbuh dewasa, anak akan selalu ingat dan pasti selalu menghindari rokok.

6. Vaksin

Anak yang berusia 11 atau 12 tahun perlu melakukan vaksin HPV (vaksin kanker serviks). Tak hanya itu, Anda juga harus memberikan vaksin hepatitis B pada mereka agar terhindar dari infeksi hepatitis B. Sebab, menurut penelitian, hepatitis B merupakan salah satu penyebab kanker hati di masa dewasa.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat