HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tahun 2017 Pemerintah Targetkan 497.800 Rumah Terbangun

ilustrasi
6

HARIANACEH.coid, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahanRakyat (PUPR) akan menggunakan anggaran 2017 untuk tiga program prioritas nasional.

Ketiganya adalah ketahanan air/pangan, konektivitas, dan perumahanpermukiman. Adapun anggaran yang diterima Kementerian PUPR pada 2017, sebanyak Rp 105,6 triliun.

Pada program perumahan dan permukiman, Menteri PUPR Basuki menyatakan akan membangun 497.800 unit rumah.

Sebanyak 11.400 unit di antaranya merupakan rumah susun (rusun) untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Selain rusun, dalam rangka menurunkan backlog perumahan, juga akan didirikan 109.500 unit rumah swadaya dan 375.000 unit rumah umum (rumah tapak dan rusunami) melalui KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan perumahan (FLPP).

“Kita juga akan membangun 1.900 unit rumah khusus dalam rangka penanganan paska bencana/konflik, maritim, daerah tertinggal dan perbatasan negara,” ujar Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (6/9/2016).

Selain membangun perumahan dan rusun, Basuki juga menetapkan pengembangan kawasan permukiman sebagai program prioritas di tahun 2017.

Di antaranya adalah penataan bangunan kawasan strategis di kawasan destinasi wisata seperti di Danau Toba, Mandalika, dan Borobudur, serta kawasan Masjid Raya Padang, Monumen Kapsul Waktu Merauke, Menara Salib Wamena dan Sail Sabang.

Terakhir, Basuki menyatakan pada 2017 masih akan melaksanakan tugas khusus untuk melakukan pembangunan Prasarana dan Sarana Gelora Bung Karno (GBK) dan Palembang untuk mendukung Asian Games XVIII.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat