HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Benarkah Malaikat Bergelantungan di Jenggot? ini Penjelasannya

10

HARIANACEH.co.id — Di masyarakat kita beredar suatu keyakinan bahwa di janggot seseorang itu terdapat malaikat yang bergelantungan dalam setiap satu helainya. Keyakinan ini menyebar luas. Hingga banyak orang yang memanjangkan jenggot karena percaya akan hal ini. Dan mereka percaya, jika jenggot dicukur, maka hilanglah keberkahan dari malaikat kepadanya.

Memang, dalam Islam memanjangkan jenggot bagi para lelaki adalah suatu keharusan. Sebagaimana dikatakan dalam sabda Rasulullah, “Selisihilah orang musyrik, lebatkanlah jenggot dan cukur habislah kumis,” (HR. Bukhari). Tetapi, apakah benar malaikat bergelantungan di jenggot?

Ketahuilah, bahwa tidak ada satu pun riwayat shahih yang menunjukkan kebenaran adanya malaikat di jenggot seseorang. Yang ditemukan hanyalah beberapa redaksi dan bukan dari hadis Rasulullah.

Seperti halnya dikatakan bahwa, “Ada seorang lelaki yang jenggotnya hanya dua helai, maka ia mencabutnya. Maka Nabi mengabarkan ia bahwa Malaikat itu biasa bermain-main dengan kedua helai jenggotnya.” Ada juga yang menyebarkan kisah ini dengan redaksi, “Di setiap helai rambut (jenggot) ada Malaikat.”

Semua kabar itu hanyalah dusta. Rasulullah tidak pernah berkata demikian. Hal ini terbukti dari perkataan itu tanpa adanya referensi dan keterangan jelas yang bersandar pada Rasulullah.

Syaikh Abu Umar Usamah Al Utaibi Hafizhahullah ketika ditanyakan mengenai hal ini beliau berkata, “Perkataan ini masyhur beredar di kalangan tukang cerita yang jahil misalnya di kalangan jama’ah tabligh. Dan ini adalah perkataan yang munkar dan batil. Rasulullah memerintahkan untuk membiarkan jenggot maka bagaimana mungkin ada orang yang mencabutnya namun tidak beliau ingkari? Lalu aku pernah mendengar kisah yang lafadznya, ‘Ada seorang lelaki yang jenggotnya hanya dua helai, maka ia mencabutnya. Maka Rasulullah mengabarkan ia bahwa Malaikat itu biasa bermain-main dengan kedua helai jenggotnya.’ Ini batil dari segala sisi. Dan aku tidak mengetahui ada sahabat yang hanya memiliki jenggot dua helai. Adapun wajibnya membiarkan jenggot dan urgensi memeliharanya, ini semua tidak membutuhkan hadis-hadis palsu ataupun kisah-kisah munkar yang dibuat-buat.”

Jadi, sudah jelas bahwasanya tidak ada keterangan khusus yang membenarkan adanya malaikat dalam setiap helai jenggot. Dan jika ada yang menyebarkan tentang keyakinan ini, ia berarti seorang pendusta. Dan orang yang menyebarkan berita dusta atas nama Nabi, maka sungguh fatal akibatnya.

Sebagaimana dikatakan dalam sabda Rasulullah, “Barangsiapa yang berdusta atas namaku secara sengaja, maka siapkanlah tempat duduknya di neraka,” (HR. Bukhari dan Muslim). Wallahu ‘alam.

loading...