HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pakai Dana APBA, Niazah A. Hamid Masih Berkewarganegaraan Swedia

6

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Wakil Ketua Komisi I DPR Aceh Azhari Cage mengatakan,  Kementerian Dalam Negeri akan segera mengkaji persoalan penggunaan APBA oleh Niazah A. Hamid, (Istri Gubernur Aceh -red). Pengkajian ini dilakukan karena status kewarganegaran Niazah yang masih tercatat sebagai warga negara Swedia. Namun istri Gubernur Aceh ini masih aktif mengetuai lembaga seperti PKK dan Dekranas. Niazah juga mengemban tugas sebagai Bunda PAUD.

Aktivitasnya di lembaga itu, kata Azahari, dibiayai oleh APBA. Padahal di Indonesia, Niazah cuma megantongi izin tinggal tetap atau KITAP dan tidak tercatat sebagai warga negara Indonesia. Seperti diketahui bahwa izin tinggal tetap diberikan kepada orang asing pemegang visa tinggal terbatas.

“Pertanyaannya apakah orang asing bisa pakai uang negara kita? Ini yang kita sampaikan kepada Kemendagri dalam pertemuan kemarin. Dan Kemendagri meminta waktu mempelajari hal tersebut baik secara sisi hukum maaupun sisi etika pemerintahan,” kata Azhari, Rabu (7/9).

Direktur Penataan Daerah dan Otsus Safrizal ZA, kata Azhari, dalam diskusi dengan Komisi I mengatakan kasus serupa juga terjadi pada istri beberapa menteri saat ini. Karenanya soal tersebut perlu dikaji bersama dengan melibatkan Kementerian terkait lainya. “Sebab dari sisi pengelolaan anggaran, para istri pejabat itu bukan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Mereka hanya pemakai anggaran untuk kegiatan yang disetujui oleh KPA. Sehingga akan sulit tersentuh secara hukum,” tutur Azhari.

Meski demikian, Azhari menyebutkan, Kemendagri berjanji akan mengirimkan surat khusus untuk Aceh untuk terkait masalah ini.

“Nanti mereka akan menyurati khusus Pemerintah Aceh dan DPRA. Mereka minta waktu untuk mempelajari dan melihat secara hukum persoalan ini. Karena memang ada beberapa kasus yang seperti ini, seperti istri menteri yang juga menggunakan fasilitas negara namun memiliki status kewarganegaraan lain,” tutupnya. (HAI/Alfy)

loading...