HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

FIFA Tolak Banding, Duo Madrid Kian Dekat dengan Sanksi

3

HARIANACEH.co.id — Masih segar dalam ingatan kita bahwa Barcelona menerima getah usai membeli puluhan pemain di bawah umur. Kali ini giliran dua rival mereka di La Liga, Real Madrid dan Atletico Madrid, yang menerima nasib serupa. Terakhir, UEFA menolak banding mereka dan akan menjatuhkan sanksi larangan mendaftarkan pemain dalam dua jendela transfer.

Dilansir oleh BBC, kedua kesebelasan diketahui menyalahi peraturan FIFA mengenai pembelian pemain asing di bawah 18 tahun. FIFA pun menjatuhi sanksi kepada kedua kesebelasan per Januari 2016 lalu namun kedua kesebelasan melakukan banding dan membuat hukuman tersebut tak bisa terlaksana di bursa transfer musim panas 2016/17.

FIFA memandang transfer kedua kesebelasan ilegal karena keduanya mendatangkan pemain di bawah usia 18 tahun dari negara lain. Dalam rilisan resminya, FIFA berkata bahwa Real Madrid dan Atletico Madrid bertindak tidak adil terhadap pemain muda dan apa yang mereka lakukan bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar pembelian pemain di bawah umur.

Sejauh ini, belum diketahui langkah yang akan diambil oleh Real Madrid. Sementara Atletico sudah menyiapkan beberapa langkah lanjutan. BBC mengatakan bahwa Atletico telah menyewa beberapa pengacara agar hak mereka tetap ada.

Dalam investigasinya, FIFA berkata bahwa kedua kesebelasan diketahui memainkan beberapa pemain usia di bawah 18 tahun yang proses transfernya dianggap telah menyalahi peraturan. Atletico Madrid dianggap FIFA memainkan pemain-pemain tersebut pada tahun 2007 hingga 2014. Sementara Real Madrid menggunakan pemain asing di bawah 18 tahun pada 2005 hingga 2014.

“Kedua kesebelasan dikenai larangan pembelian pemain baru dan membuat Real serta Atletico Madrid tidak bisa mendaftarkan pemain baru baik dalam kompetisi nasional hingga internasional dalam dua masa transfer,” ujar pernyataan resmi FIFA seperti dilansir oleh BBC.

“Kedua kesebelasan juga dikenai denda. Atletico dikenai denda 622 ribu paun sementara Real Madrid dihukum denda 249 ribu paun. Meski demikian, kedua kesebelasan masih diberi waktu 90 hari untuk mengungkapkan keberatannya.”

Jika sanksi tersebut resmi dijatuhkan, baik Real Madrid dan Atletico Madrid tidak akan dapat mendaftar pemain baru di bursa transfer musim dingin 2016/17 dan musim panas 2017/18. Pendaftaran pemain baru dapat mereka lakukan di bursa transfer musim dingin 2017/18.

Seperti yang diketahui ada beberapa syarat yang diharuskan bagi kesebelasan yang ingin mendatangkan pemain berusia di bawah 18 tahun. Dalam statuta FIFA, pemain berusia di bawah 18 tahun bisa dibeli jika yang bersangkutan; mengikuti ayahnya kerja ke daerah tempat kesebelasan tersebut bermain hingga domisili mereka yang maksimal harus berjarak 1000 km dari homebase kesebelasan.

Barcelona menjadi kesebelasan yang sebelumnya dikenai sanksi ini. Mereka dikenai sanksi ini setelah pada April 2014, Barcelona diketahui mendatangkan pemain asing tanpa mempertimbangkan aspek-aspek tersebut. Sanksi tersebut membuat mereka baru bisa mendaftarkan Arda Turan dan Aleix Vidal yang dibeli pada 2015 di bursa tran

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time