HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Dua Paslon Banda Aceh Tidak Memenuhi Syarat

7

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh –  Dua pasangan bakal calon wali kota/wakil wali kota Banda Aceh dari jalur independen, Tgk H Adnan Beuransah-Tgk Umar Rafsanjani Lc dan Prof Adjunct Marniati MKes-H Amiruddin Usman Daroy, diketahui tak cukup syarat untuk mencalonkan diri.

Pasalnya, dari verifikasi faktual yang dilakukan, pasangan Adnan Beuransah-Umar Rafsanjani hanya memiliki 2.018 fotokopi KTP dukungan yang sah, sedangkan pasangan

Marniati-Amiruddin sebanyak 2.972 dukungan. Sementara untuk bisa mencalonkan diri, setiap pasangan harus memiliki sebanyak 7.086 bukti dukungan fotokopi KTP, dengan sebaran minimal lima kecamatan.

Ini berarti pasangan Adnan Beuransah-Umar Rafsanjani mengalami kekurangan 5.068 bukti dukungan dan harus menutupinya sebanyak dua kali lipat, yaitu 10.136 fotokopi KTP. Sedangkan pasangan Marniati-Amiruddin kekurangan 4.114 dukungan dan harus menutupinya sebanyak 8.228 fotokopi KTP.

KIP memberi waktu kepada kedua pasangan tersebut untuk memperbaiki kekurangan syarat dukungan tersebut. “Masing-masing kandidat diberi waktu tiga hari untuk melakukan penyerahan perbaikan. Karena itu, dari sekarang mereka sudah bisa melakukan pengumpulan fotokopi KTP sejumlah yang kurang,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Kota Banda Aceh, Indra Milwady SSos.

Setelah itu KIP kembali akan melakukan verifikasi faktual di tingkat gampong atau PPS pada 12-17 Oktober, lalu dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan atau PPK pada 18-19 Oktober, dan rekapitulasi tingkat kota atau KIP Banda Aceh pada 20-21 Oktober, baru kemudian pada 24 Oktober ditetapkan pasangan calon yang memenuhi syarat.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time