HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ucapan Manusia Mampu Ditiru Kecerdasan Buatan Google ‘WaveNet’

Kecerdasan Buatan Google Mampu Tirukan Ucapan Manusia Natural (Foto: Engadget)
19

HARIANACEH.co.id – Google baru saja menciptakan robot yang bisa berbicara seperti manusia. Ini berkat kecerdasan buatan (AI) yang disebut ‘WaveNet’ yang dikembangkan tim DeepMind Google.

Tim DeepMind bekerja cukup baik untuk membangun jaringan neural. Sebelumnya, mereka pernah membangun AlphaGO, AI yang mengalahkan salah satu pemain GO terbaik.

Saat ini, developer menggunakan dua metode untuk menciptakan program berbicara. Salah satu metode akan melibatkan koleksi yang besar dari kata-kata dan fragmen pengucapan dari satu orang. Itulah yang membuat suara robot terdengar manipulatif. Yang lain adalah suara elektronik, tergantung bagaimana mereka harus bersuara. Sayangnya suara ini masih terdengar kaku.

Untuk membuat suara mirip manusia, tim ini memberi “makan” AI dengan jaringan audio mentah yang direkam dari speaker manusia. Audio itu berbentuk gelombang yang merupakan perwakilan dari bentuk suara.

WaveNet berbicara dengan membentuk gelombang suara individual. AI ini di masa depan juga akan bisa membuat musik sendiri karena tim juga mencekokinya dengan musik klasik.

Jika digunakan dalam program teks ke ucapan, WaveNet akan mengubah teks yang Anda ketik berupa fonem dan suku kata kemudian dibacakan dengan suara. Hasilnya, suara yang keluar dari AI ini lebih natural.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat