HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Amien Rais Minta Ahok Belajar Islam

5

HARIANACEH.co.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sempat mengkritik khotbah Idul Adha mantan Ketua MPR Amien Rais yang dianggap sangat politis. Namun, kritikan Ahok kepada Amien itu, malah mendapat petuah dari mantan Ketua Majelis Pertimbangan PAN ini.

Menurutnya, kalau Ahok mengkritik dan keberatan dengan isi khotbah Idul Adhanya, maka Amien meminta Ahok belajar Islam terlebih dahulu.

“Ahok belajar dulu Islam yang benar, kan gak tahu apa-apa tentang Islam. Islam itu agama yang kaffah (lengkap), Islam itu bicara tentang keadilan, kesehatan, pendidikan, akhlak, politik dan lain sebagainya,” kata Amien kepada wartawan, Rabu (14/9), malam.

Menurutnya, seorang khotib menyampaikan sesuatu yang relevan dengan keadaan umat Islam saat itu. Karena rakyat Jakarta mau Pilkada, maka ia sisipkan satu paragraf muslim DKI agar hati-hati dalam memilih pemimpin. Tapi kemudian ada yang bila itu memperalat dan mempolitisi khotbah. “Bukan seperti itu,” katanya.

Bagi Amien, ibarat khotib di daerah yang dengan masalah kemiskinan. Tentu ia akan bicara tentang bagaimana umat bisa meningkatkan kesejahteraannya. Kalau berbicara kepada akademisi, ia akan membicarakan pentingnya soal pengetahuan.

“Jadi Ahok ini saya pikir memang sontoloyo, dia tidak tahu apa-apa soal Agama Islam,” sambungnya.

Sebelumnya Ahok sempat mengkritik Amien Rais saat menjadi khatib salat Idul Adha di Masjid Rumah Sakit Islam Sukapura, Jakarta Utara, Senin (12/9), kemarin. Ahok meminta Amien untuk membaca himbauan MUI yang ia pahami larangan menggunakan masjid sebagai sarana berpolitik.

“Tanya sama Amien Rais, sudah baca belum seruan dan imbauan dari MUI? Khotbah di Masjid jangan dipakai politik,” kata Ahok selasa, (13/9).

loading...