HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

BK DPD Bentuk Tim Pencari Fakta Pasca Penangkapan Irman Gusman

4

HARIANACEH.co.id – Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI secepatnya menetukan sikap terkait penangkapan Irman Gusman. Tim pencari fakta akan segera dibentuk.

“Kita akan bentuk tim pencari fakta dulu,” kata Ketua Badan Kehormatan DPD RI A.M. Fatwa di Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Fatwa paham pembuktian KPK mutlak bisa menjerat siapapun untuk diadili secara hukum. Menurutnya, terbentuknya tim ini hanya berdasarkan prosedur.

“Itu namanya prosedur dan itu tergantung pleno nanti. Saya akan mencari waktu untuk secepatnya ada rapat pleno Badan Kehormatan,” ujarnya.

Kalau terbukti bersalah, Irman dicopot dari jabatan Ketua DPD RI. Menurut Fatwa, kasus yang menjerat sangat berkaitan dengan jabatan yang diembannya.

“Itu kan tidak bisa dipisahkan (dengan jabatan Irman). Sebagai pejabat negara ada tanggung jawab perorangan. Ada kode etik dia di dalam jabatan itu selaku anggota,” tuturnya.

Sedangkan anggota DPD asal Sulawesi Barat Asri ‎Anas mendorong pimpinan DPD membentuk tim investigasi internal. Sejauh ini, ia yakin Irman tidak bersalah.

Menurut Asri, investigasi internal ini perlu karena yang ditangkap adalah pimpinan DPD. Nantinya, DPD akan memberikan bantuan pembelaan hukum secara institusi.

“Kami lakukan upaya investigasi dan pembelaan secara institusi, sampai beliau ditetapkan menjadi terpidana,” ujarnya.

https://twitter.com/IrmanGusman_IG/status/777059764958224385

loading...