HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inggris Keteteran Kejar Pajak Google Meski Sudah Dibahas di G20

2

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengakui masalah pelanggaran pajak yang dilakukan Google di Indonesia merupakan tantangan yang tengah terjadi di hampir semua negara dunia.

“Masalah internet dan jasa digital yang beroperasi secara global adalah tantangan semua negara,” katanya seusai penandatanganan kerja sama perlindungan investasi dengan Polri di Jakarta, Senin (19/9/2016).

Menurut Tom, sapaan akrab Thomas, masalah pelanggaran pajak perusahaan digital global juga sempat heboh di Inggris dan Uni Eropa.Pemerintah Inggris, kata dia, bahkan dibuat “ngos-ngosan” mengejar pajak Google. Tom menyebut masalah pelanggaran pajak oleh perusahaan digital juga dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani itu terdapat sejumlah kemajuan solusi.

“Memang tidak ada hal lain selain meningkatkan komunikasi yang lebih erat antara negara-negara G20 dan OECD. Karena ini tantangan global, maka harus dikoordinasikan di tingkat global juga,” katanya.

Tom juga menuturkan para pemimpin negara-negara G20 akan mengimbau negara-negara lain penyedot pajak ke “tax haven” guna mencari solusi atas masalah tersebut.

loading...