HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Innalillahi, Jamaah Haji Asal Aceh Meninggal Dunia

Istimewa
22

HARIANACEH.co.id, MEKKAH — Jamaah haji asal Abdya, Alidin Ajam Mak Syam bin Ajam, meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Mekkah, Sabtu (17/9), dan sudah dikebumikan juga pada hari tersebut di pemakaman umum Syarae, Mekkah. Alidin meninggal di rumah sakit itu setelah beberapa hari dirawat karena sesak napas.

Wartawan salah satu media di Aceh yang juga seorang jamaah haji Aceh melaporkan hal ini kemarin. Menurutnya, tim medis jamaah haji Aceh, dr Rahmat yang dikonfirmasi Minggu (18/9), mengatakan, Alidin merupakan jamaah haji Aceh ke-10 yang meninggal dunia di Arab Saudi, ditambah pengurus KBIH Abu Sofyan Punie, dari Aceh Besar (nonkuota), sehingga jumlahnya menjadi 11 orang.

Jamaah haji dari Aceh yang meninggal dunia di Madinah dan Mekkah, umumnya mereka memiliki penyakit bawaan, seperti jantung, sesak napas, bocor lambung, kanker dan lainnya. Sakit bawaannya itu kambuh, pada saat stamina jamaah menurun drastis. Hal itu bisa karena pengaruh suhu udara yang cukup tinggi antara 47-49 derajat celsius pada saat pelaksanaan rukun haji di Arafah, Muzdalifah, dan lempar jumrah di Mina.

Kondisi ini membuat stamina jamaah yang usia lanjut dan punya sakit bawaan jadi lemah dan drop, sehingga harus dirawat di rumah sakit dan meninggal dunia. Tapi ada juga beberapa orang jamaah yg sakitnya sembuh setelah di rawat di rumah sakit.

Sementara itu, Ketua Kloter II Haji Aceh, Salman, mengatakan kloter yang akan kembali ke Aceh dari Jeddah, pada hari ini pukul 3 pagi Waktu Arab Saudi.

Jumlah jamaah kloter ini 386 orang, yaitu dari Banda Aceh, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara. Tas besar jamaah, sudah ditimbang dan dibawa ke Bandara Jeddah, untuk diperiksa oleh pihak Bandara Jeddah. Sedangkan jamaah baru akan diberangkatkan dari pemondokan hajinya di Hotel Cristant Aseel, Masbajin, Senin (19/9) pukul 15.00 WAS.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat