HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penerbangan Kloter Jamaah Haji Aceh Tertunda 4 Jam

5
HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH –  Keberangkatan kloter pertama jamaah haji Aceh dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi menuju Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) mengalami penundaan. Jadwal sebelumnya 389 jamaah berangkat pada pukul 2.30 Waktu Arab Saudi (WAS). Namun terpaksa diundur dan berangkat pada 6.10 WAS.
Ada perubahan dari rencana jadwal awal keberangkatan, insyaAllah akan mendarat di Bandara SIM pukul 18.14 WIB. Diketahui dari jumlah 389 jamaah tersebut, total jamaah Pria 155 orang dan Wanita 234 orang, dengan rincian jamaah berasal dari Langsa 135 orang, Aceh Timur 121 orang, Aceh Besar 62 orang serta Aceh Tamiang sebanyak 66 jamaah.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, M Daud Pakeh Selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh Tahun 2016, mengatakan penundaan keberangkatan kloter pertama sudah lumrah terjadi. Dikarenakan seluruh pesawat dari seluruh dunia yang hendak menjemput jamaah haji, tiba di Bandara King Abdul Aziz pada waktu yang hampir bersamaan.
“Sudah hampir setiap tahun seperti itu. Karena pesawat dari negara lain juga sudah tiba dan memadati landasan udara di Bandara Arab Saudi, sehingga terjadi penundaan,” kata Kakanwil Aceh M Daud, di Banda Aceh, Senin (19/9).
Selain penumpukan pesawat, penundaan biasanya juga akibat barang bawaan jamaah haji yang kelebihan kapasitas. Sehingga membuat petugas bandara membutuhkan waktu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Daud Pakeh menambahkan, jamaah haji kloter pertama ini dijadwalkan tiba di tanah air sekitar pukul 18.14 WIB.
Sementara sebelum adanya penundaan keberangkatan, ratusan jamaah diperkiralan tiba sejak pukul 14.30 WIB. “Saat tiba di Bandara SIM, jamaah akan langsung dibawa terlebih dahulu ke asrama haji, ujar Daud.
loading...