HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Aceh Masuk Nominasi Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016

8

HARIANACEH.co.idPembangunan sektor pariwisata terus digenjot secara serius oleh Pemerintah Aceh. Upaya tersebut telah membuahkan hasil dengan masuknya Aceh sebagai salah satu nominator dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI.

“Masuknya Aceh dalam nominasi sebagai “Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016” tentu saja menjadi sebuah kebanggaan bagi seluruh masyarakat Aceh. Disisi lain, aparatur terkait juga merasa senang, karena jerih payah mereka sudah menampakkan hasil,” tambah Doto Zaini.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas sambutan masyarakat yang begitu antusias melakukan voting dan mengajak voting secara online, baik melalui media cetak, maupun elektronik, seperti Media Sosial.

“Semoga Aceh terpilih sebagai Pemenang, dan akan mewakili Indonesia pada ajang World Halal Travel Awards 2016 di Abu Dhabi (Uni Emirat Arab), sekaligus mendukung Program Pemerintah untuk mencapai 20 juta angka kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Tahun 2019.”

Untuk mengembangkan sektor pariwisata, Pemerintah Aceh telah menempatkan sektor pariwisata sebagai portfolio business. Hal tersebut diejawantahkan melalui branding wisata terbarunya, yaitu ‘The Light of Aceh’ atau ‘Cahaya Aceh’. Nantinya Branding ini akan selalu bersanding serasi dengan ‘Wonderful Indonesia’ atau ‘Pesona Indonesia’.

“Kami juga menyadari bahwa kemajuan teknologi telah berdampak pada pergeseran gaya hidup masyarakat, sehingga diperlukan peran teknologi informasi dan komunikasi atau ‘Go Digital’ dalam memasarkan destinasi wisata unggulan melalui peran media sosial. Namun, dukungan Pemerintah Pusat sangatlah kami harapkan,” sambung Gubernur.

“Oleh karena itu, kami berharap Bapak Menteri berkenan memperkuat pengembangan Pariwisata Aceh melalui beberapa hal, antara lain peningkatan aksesibilitas dengan membuka dan menambah beberapa rute penerbangan, pelayaraan dan membenahi jalur darat” kata Gubernur.

Rute penerbanagan yang dimaksud oleh Gubernur adalah rute Banda Aceh-Singapore, Sabang-Medan dan Bener Meriah-Medan. Selain itu Gubernur juga meminta agar dibuka jalur laut Sabang–Phuket-Langkawi, serta membenahi prasarana transportasi jalan untuk lintas Barat, Tengah dan Timur Aceh.

Selain itu Gubernur juga meminta agar Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata melakukan penataan amenitas di beberapa objek wisata, mempromosikan Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal unggulan ke manca negara, membenahi dan meningkatkan atraksi budaya, perbaikan kualitas SDM Pelaku Industri, serta pengembangan industri wisata halal Aceh.

“Saya berharap rekomendasi dari rakor ini menjadi semangat kami untuk menjadikan Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal terbaik di Indonesia. Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Bapak Menteri Pariwisata RI dan jajaran yang selalu mendukung kemajuan industri pariwisata di Aceh,” pungkas Gubernur.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time